Sabtu, 17 Oktober 2020 19:02

Serangan Kelompok Jihadis di Somalia, Puluhan Orang Tewas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Pemerintah Somalia mengangkut puluhan jenazah. Demikian pula, Al Shabaab mengambil puluhan jenazah mereka. Kedua belah pihak mengalami pukulan."

RAKYATKU.COM - Pertempuran terjadi antara pasukan pemerintah Somalia dan kelompok jihadis Al Shabaab di barat laut ibu kota Mogadishu. Puluhan tentara dan pemberontak tewas.

Serangan diketahui terjadi selama dua hari. Dilansir Reuters, Jumat (16/10/2020), kantor berita negara Somalia, Sonna mengatakan militer telah membunuh sekitar 50 pejuang dari kelompok Islam yang bersekutu dengan Al Qaeda.  Sedangkan tidak ada laporan langsung tentang pertempuran tersebut dari para jihadis.

Seorang petani di daerah Afgoye, Hussein Ali mengatakan kepada Reuters, dia dan warga sipil lainnya telah terjebak dalam baku tembak selama dua malam pertempuran.

Baca Juga : 12 Tentara Somalia Tewas Akibat Bom Pinggir Jalan, Termasuk Kepala Badan Intelijen

"Pemerintah Somalia mengangkut puluhan jenazah. Demikian pula, Al Shabaab mengambil puluhan jenazah mereka. Kedua belah pihak mengalami pukulan," kata Ali, sambil menambahkan bahwa dia telah menghitung sedikitnya 20 mayat di kedua sisi.

Kantor berita Sonna mengatakan, di antara geliryawan yang tewas adalah seorang komandan yang diidentifikasi sebagai Osman il Fidow.
"Al Shabaab menguburkan mayatnya di desa lain bernama Bulo Yerey," katanya.

Baik militer Somalia maupun Al Shabaab tidak dapat dihubungi untuk dimintai keterangan. Kedua belah pihak sering memberikan angka kematian yang sangat berbeda dalam pertempuran kecil.

Baca Juga : 12 Tentara Somalia Tewas Akibat Bom Pinggir Jalan, Termasuk Kepala Badan Intelijen

Al Shabaab telah berjuang selama lebih dari sepuluh tahun untuk menggulingkan pemerintah pusat negara dan menetapkan aturan berdasarkan interpretasi yang ketat terhadap hukum syariah Islam.

Kelompok ini sering melakukan serangan senjata dan pemboman terhadap target militer dan sipil. Mereka juga melakukan serangan terhadap target regional, terutama di negara Kenya.

#Somalia #Jihadis