Kamis, 15 Oktober 2020 17:32

Pemkab Luwu Utara Optimistis Raih Penghargaan APE

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Luwu Utara Optimistis Raih Penghargaan APE

Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi peran strategis pokja PUG dalam mendorong pelaksanaan PUG dan PPRG di Perangkat Daerah.

LUWU UTARA - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) menggelar Rapat Penguatan Kelembagaan Tim Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG), Rabu (14/10/2020), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Rakor dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Armiady, M.Si.

Rakor dilaksanakan dalam rangka evaluasi nasional Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Kabid Kesetaraan Gender, Fatma Sukma, menyebutkan, kegiatan ini bertujuan mengevaluasi peran strategis pokja PUG dalam mendorong pelaksanaan PUG dan PPRG di Perangkat Daerah. “Ini juga untuk menguatkan komitmen peran pokja PUG di seluruh Perangkat Daerah,” kata Fatma.

Sementara itu, Sekda Lutra Armiady, mengatakan bahwa salah satu tujuan pembangunan nasional yang kemudian dijabarkan ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten, adalah meningkatkan kesetaraan gender dan perlindungan anak melalui strategi peningkatan kualitas politik, teknokratis, partisipatif dan pengarusutamaan gender,” ujar Armiady.

Baca Juga : 

Evaluasi nasional APE, kata dia, adalah bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Kementerian Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten yang berhasil mengintegrasikan PUG sebagai strategi dalam pembangunan dengan melihat berbagai indikator pra syarat yang ditetapkan. “Tentu dengan rapat ini kita berharap kembali mendapatkan penghargaan APE,” imbuhnya.

Selain Sekda Armiady, turut hadir dalam Rakor ini, Kepala Dinas P2PA Andi Sarrapi, dan Kepala Seksi (Kasi) Keseteraan Gender DP3A Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Selatan Syatri fitrah Abdul Larif. Sekadar diketahui, APE adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran Pemda dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender. (Mr/LH)

#pemkab luwu utara