Kamis, 15 Oktober 2020 15:13

Buku Memoar Ini Beber Fakta di Balik Los Galacticos Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wujud buku Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow, Hingga Liverpool.
Wujud buku Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow, Hingga Liverpool.

"Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto," kata AQ, sapaan akrab Achsanul Qosasi.

RAKYATKU.COM - Ingin tahu awal kiprah Achsanul Qosasi hingga bisa jadi tokoh sepak bola nasional seperti saat ini? Referensinya ada di mana-mana. Namun, yang terlengkap ada di "Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow, Hingga Liverpool".

Itu adalah judul buku memoar sepak bola yang diluncurkan Presiden Madura United FC. Bercerita mengenai sepak terjangnya di dunia sepak bola sejak 1999.

"Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto," kata AQ, sapaan akrab Achsanul Qosasi, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga : Tak Hadir Lawan Madura United, Persipura di Jatuhi Hukuman Kalah WO dan Pengurangan Poin

Buku ini setebal 120 halaman, full color, dan dikemas indah. Perpaduan desain, foto, dan naskah itu bercerita tentang betapa cintanya AQ pada sepak bola. Saking cintanya, dia menyebut sepak bola adalah istri keduanya. 

"Gue bisa gila kalau tidak mengurus bola," itu kata-katanya yang lain yang menyiratkan diri pria multitalenta itu tak bisa dipisahkan dari sepak bola.

AQ memulainya dari klub kecil, PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI, hingga menjadi petinggi di PSSI sampai akhirnya punya klub profesional, Madura United.

Baca Juga : Kasus Persipura yang Mangkir Lawan Madura United Kini Didalami Komdis PSSI

Di tangan AQ, Madura United jadi mentereng, ikon lain bumi Madura selain garam, santri, karapan sapi, atau pondok pesantren.

Di buku ini juga dijelaskan soal bintang-bintang yang datang silih berganti ke Madura. Bahkan, sejak 2012, puluhan pemain asing dari lima benua pernah singgah di Madura. Bahkan karena bertabur bintang-bintang itu, Madura United sempat dijuluki Los Galacticos-nya Indonesia.

Satu lagi: soal anaknya, Annisa Dzafarina, yang disebut-sebut sebagai titisan. Nisa, putri tunggal AQ itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course dan itu kebanggaan buat Nisa, yang juga Chief Operating Officer (COO) Madura United itu.

Baca Juga : Karena COVID-19, Pertandingan Madura United Melawan Persipura Jayapura Ditunda

"Sampai gak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family," kata AQ.

Buku ini juga memuat sederet testimoni, antara lain dari Gregorius Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo, hingga Rahmad Darmawan dan Habib Zia Ulhaq.

#madura united #Achsanul Qosasi