Kamis, 15 Oktober 2020 23:59

Tempuh 12.198 Kilometer, Burung Ini Pecahkan Rekor Terbang Nonstop Terjauh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Mereka terbang di atas lautan terbuka di atas Samudra Pasifik beberapa hari hingga kemudian sampai di Kaledonia Baru dan Papua Nugini yang berupa daratan."

RAKYATKU.COM - Godwit ekor belang memecahkan rekor sebagai burung yang terbang dengan jarak tempuh terjauh nonstop.

Guardian melaporkan, Rabu (14/10/2020), burung godwit itu bermigrasi dari Alaska ke Selandia Baru. Jarak terbangnya mencapai 12.198 km.

Dilacak satelit, burung berjuluk jet tempur itu mulai terbang pada 16 September dan mendarat di Selandia Baru 11 hari kemudian.

Godwit ekor belang memang berpengalaman dalam penerbangan migrasi panjang. Mereka akan melakukannya dua kali setahun.

Burung godwit jantan, yang dijuluki 4BBRW (merujuk warna di kakinya) oleh kelompok konservasi, itu mengambil rute yang lebih panjang dari biasanya karena angin timur ke barat yang mendorongnya menuju Australia.

Dr Jesse Conklin, dari Global Flyway Network, sebuah konsorsium ilmuwan yang mempelajari perjalanan migrasi burung menyebut burung godwit memiliki kemampuan untuk mengetahui posisi mereka, tetapi belum diketahui dengan cara seperti apa. Dia berspekulasi burung itu mempunyai peta onboard.

"Mereka terbang di atas lautan terbuka di atas Samudra Pasifik beberapa hari hingga kemudian sampai di Kaledonia Baru dan Papua Nugini yang berupa daratan," kata Conklin.

"Nah, di situlah burung-burung itu mulai berpikir, 'Oh, saya harus mulai membelok atau saya tidak akan sampai di Selandia Baru'," dia menambahkan.

Para ilmuwan menyebut burung godwit berbeda dengan burung laut yang memerlukan makan dan tidur. Godwit sama sekali tidak makan atau tidur selama perjalanan trans-Pasifik mereka. Conklin mengatakan burung kecil, yang beratnya rata-rata 10 ons, "dirancang seperti jet tempur." Godwit memiliki kecepatan 55 mph.

Rekor sebelumnya untuk penerbangan burung nonstop terpanjang adalah sekitar 11.587 km, yang dibuat oleh godwit yang berbeda pada 2007.

#Rekor #Godwit #Burung Terbang Terjauh