Kamis, 15 Oktober 2020 11:36

Sekda Barru ke Wamen ATR-BPN: Spirit Keagamaan Permudah Pembangunan Rel Kereta Api

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Barru ke Wamen ATR-BPN: Spirit Keagamaan Permudah Pembangunan Rel Kereta Api

Surya Tjandra mengapresiasi capaian luar biasa yang telah dilakukan dalam pembangunan perkerataapian di Sulawesi Selatan.

RAKYATKU.COM,BARRU - Respons baik masyarakat Barru dalam setiap pembangunan kembali terbukti setelah sebelumnya juga menjadi yang pertama dan paling tertib dalam pembangunan perluasan jalan negara Makassar-Parepare, sekira satu dasawarsa silam.

Hal ini mendapatkan pujian dari Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra. Dia meninjau stasiun kereta api di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Rabu siang (14/10/2020).

"Alhamdulillah, kita bersyukur sebab karakteristik masyarakat Barru yang gemar berbuat kebaikan sangat memudahkan pembangunan. Apalagi napas keagamaan yang digaungkan, menjadikan warga kita selain mendapatkan ganti untung juga mengharapkan hal ini menjadi amalan jariyah," kata Sekda Barru, Abustan saat mendampingi rombongan.

Baca Juga : 

Surya Tjandra mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi capaian luar biasa yang telah dilakukan dalam pembangunan perkerataapian di Sulawesi Selatan.

Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak terkait yang ikut andil dalam melakukan pembanguan kereta api, baik itu Balai Perekerataapian, BPN, maupun pemerintah daerah yang berperan membantu.

"Hari ini kami meninjau dan menghormati pencapaian luar biasa, karena untuk pertama kalinya ada pembangunan perkerataapian di Indonesia yang dimulai dari nol," sebut Surya Tjandra.

 

Terkait pembebasan lahan, pihaknya mengatakan bahwa secara umum hal itu berjalan lancar. Saat ini ada beberapa pembebasan lahan yang masih dalam tahap negosiasi.

Dia menegaskan, KA merupakan sumber peradaban, karena mampu mempermudah akses dari satu daerah ke daerah lainnya.

Kepala Balai Perekerataapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi mengatakan, untuk di Kabupaten Barru progres pembangunan telah rampung semua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Selatan, kepala Kantor Wilayah Pertanahan ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan, wakapolres Barru, kepala Seksi Datun Kejaksaan Barru, kepala Kantor Pertanahan Barru, kepala Dinas Perhubungan Barru, camat Tanete Rilau, dan lainnya.

 

Penulis : Achmad Afandy
#barru