Minggu, 11 Oktober 2020 12:05

Bernilai Lebih dari 10 Juta Dolar Amerika, Inilah Koin Termahal di Dunia

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Flowing Hair Dollar. (coinweek.com)
Flowing Hair Dollar. (coinweek.com)

Saat ini 'Flowing Hair dollar' telah menjadi koin termahal di dunia dengan harga mencapai lebih dari 10 juta dolar Amerika.

RAKYATKU.COM - Flowing Hair dollar adalah koin dolar pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah federal Amerika Serikat yang dicetak pada tahun 1794 dan 1795.

Saat ini 'Flowing Hair dollar' telah menjadi koin termahal di dunia dengan harga mencapai lebih dari 10 juta dolar Amerika.

Koin dolar ini dirancang oleh Robert Scot dengan desain lady liberty dengan rambut tergerai seperti namanya, sedangkan bagian sebaliknya menampilkan seekor elang.

Baca Juga : 

Sebelumnya, penduduk Las Vegas, Bruce Morelan, membeli koin dolar perak "Rambut Mengalir " itu seharga $ 10.016.875 pada tahun 2013.

Penjualan pada saat itu menandai harga tertinggi yang pernah dibayarkan di lelang hanya untuk sebuah koin.

Kini, koin tersebut akan dijadwalkan kembali untuk dilelang di Las Vegas pada bulan Oktober ini.

Morelan mengatakan ia bangga memiliki koin tersebut selama ini namun ia merasa sudah waktunya koin ini beralih pada kolektor lain.

Morelan telah membuat sejarah dimana dirinya mengeluarkan $ 10.016.875 hanya untuk dolar perak tahun 1794, hingga membuatnya menjadi koin paling berharga di dunia.

Salah satu alasan mengapa koin tersebut begitu berharga karena adanya keyakinan kuat bahwa ini adalah dolar perak pertama, yang diproduksi oleh pencetak uang AS pertama, di Philadelphia.

Dokumentasi menunjukkan bahwa koin itu adalah salah satu dari 1.758 dolar perak yang diperoleh pada satu hari di bulan Oktober 1794, yang mana menurut Coin World hanya tersisa 140 lagi.

#viral #Unik