Sabtu, 10 Oktober 2020 17:02

Singapura Hadirkan Pelayaran Kapal Pesiar Tanpa Tujuan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Proyek kapal pesiar ini adalah kesempatan berharga bagi operator kapal pesiar untuk menemukan kembali seluruh pengalaman kapal pesiar untuk mendapatkan kembali kepercayaan penumpang."

RAKYATKU.COM - Singapura meluncurkan pelayaran kapal pesiar tanpa tujuan. Ini untuk mengobati kerinduan para pelancong domestik yang ingin menikmati situasi liburan pada masa pandemi virus corona.

Dewan pariwisata nasional Singapura (STB) telah bermitra dengan dua maskapai pelayaran untuk perjalanan awal, dengan Genting Cruise Lines World Dream dan Royal Caribbean International's Quantum of the Seas dipilih sebagai dua kapal pertama yang ambil bagian.

Singapura mengumumkan akan meluncurkan kapal pesiar yang akan berlayar tanpa mengunjungi pelabuhan mana pun pada November 2020. Demikian menurut CNN dikutip pada Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga : Kapal Pesiar Star Breeze Berlabuh di Kota Makassar

Pelayaran ini, bagaimanapun, akan terlihat sangat berbeda dari pengalaman berlayar di laut pada umumnya.

Untuk memastikan protokol kebersihan, kapal akan berangkat dari dan kembali ke tempat yang sama, tanpa panggilan pelabuhan di antaranya. Kapal akan beroperasi dengan kapasitas tidak lebih dari 50% dan hanya untuk penduduk Singapura.

"Proyek kapal pesiar ini adalah kesempatan berharga bagi operator kapal pesiar untuk menemukan kembali seluruh pengalaman kapal pesiar untuk mendapatkan kembali kepercayaan penumpang," kata Keith Tan, CEO Dewan Pariwisata Singapura.

Baca Juga : Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Tinggalkan Singapura

Selain mengurangi beban penumpang dan tidak ada ekskursi, kapal pesiar akan mengikuti pedoman sanitasi yang ketat, dengan penumpang diwajibkan untuk menunjukkan tes Covid-19 negatif sebelum naik.

Udara segar akan terus mengalir melalui kapal dan para pelancong harus memakai masker saat berada di luar kabin mereka.

"Pelayaran tanpa tujuan" pertama World Dream akan dimulai pada 6 November, sementara Quantum of the Seas akan berlayar pada Desember.

Baca Juga : Presiden Sri Lanka Dikabarkan Kabur ke Singapura

"Pemerintah akan memantau hasil dari pilot sailings secara cermat dalam beberapa bulan mendatang sebelum memutuskan langkah selanjutnya untuk kapal pesiar," kata STB.

The World Dream akan menawarkan paket pelayaran "Super Seacation" selama dua atau tiga malam.

Sementara Royal Caribbean mengatakan pada Kamis bahwa Quantum of the Seas akan mulai menawarkan kapal pesiar tiga dan empat malam mulai 1 Desember.

Baca Juga : Singapura Food Agency Ungkap Kelayakan Ekspor Produk Unggas Indonesia

Sumber: CNN, Channel News Asia

#Pelayaran #kapal pesiar #singapura