Selasa, 06 Oktober 2020 23:19

Appi Janji Hadirkan Rumah Sakit Tanpa Kelas, Pasien BPJS Kelas III Tak Perlu Tambah Biaya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Munafri Arifuddin
Munafri Arifuddin

Pasien kelas III bisa dilayani maksimal tanpa ada syarat-syarat tambahan lagi.

RAKYATKU.COM - Program rumah sakit tanpa kelas menjadi salah satu program unggulan calon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin.

Rumah sakit tanpa kelas ini akan dihadirkan sebagai solusi atas kesulitan warga. Utamanya mereka peserta BPJS Kesehatan kelas III.

Selama ini Appi mendapat banyak keluhan mengenai pelayanan BPJS kelas III yang kurang memadai di rumah sakit-rumah sakit yang ada sekarang.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

Hal yang paling sering terjadi kamar-kamar perawatan untuk kelas III penuh di rumah sakit. Warga pun terpaksa memilih kelas II atau kelas I dengan harus mengeluarkan biaya tambahan.

"Makanya rumah sakit yang akan dibangun tanpa kelas. Supaya yang punya kartu-kartu kelas III itu bisa dilayani tanpa ada syarat-syarat tambahan lagi," ujar Appi saat berdialog dengan warga Jalan Tanjung Bunga, Kelurahan Sambung Jawa, Mamajang, Selasa sore (6/10/2020).

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Tak hanya itu dalam beberapa kesempatan, Appi menjabarkan bahwa nantinya rumah sakit ini hanya menyediakan satu kelas, yakni kamar kelas tiga dengan fasilitas melebihi standar kelas tiga pada umumnya. Appi menyebutnya dengan istilah kelas tiga plus.

Lebih lanjut CEO PSM Makassar ini menyebutkan, pembangunan di bidang kesehatan juga tidak parsial, melainkan dilakukan secara holistik dan komprehensif.

Karenanya tindakan preventif atau pencegahan penyakit akan lebih diutamakan melalui edukasi masyarakat dan kebijakan lingkungan.

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

Di setiap kelurahan akan disiapkan minimal dua dokter yang bersiaga on call.

"Untuk menjemput warga sakit agar tidak terabaikan di rumah. Begitupun setelah keluar dari RS, mesti dikunjungi untuk memastikan telah benar-benar sehat," katanya.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma, Dilan Apresiasi Appi-Rahman dan Imun

Ketua RT 03 RW 03 Kelurahan Sambung Jawa, Burhan Jamal menyatakan, program tersebut harus disegerakan. Menurut dia, masalah pelayanan kesehatan utamanya masyarakat yang hanya memiliki BPJS kelas III selalu mengalami kesulitan pelayanan.

"Ini program yang sangat bagus dan kami akan dukung, semoga Pak Appi bisa terpilih supaya bisa segera hadir," tuturnya.

 

#appi-rahman #Pilkada Makassar