Selasa, 06 Oktober 2020 19:32

Pemkab Gowa Raih Penghargaan Terbaik Pertama Wajah Bahasa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto IST
Foto IST

Lomba Wajah Bahasa ini merupakan penilaian atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah, instansi pemerintahan, swasta maupun media.

GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih penghargaan terbaik pertama Wajah Bahasa, Kategori Kantor Bupati/Walikota sebagai kantor tertib berbahasa Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

Penghargaan tesebut diserahkan langsung Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulsel, Zaenab kepada Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsinah di Hotel Swiss Bell Inn Panakkukang Makassar, Selasa (6/10).

Kamsinah mengaku sangat bangga, pasalnya dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, Kabupaten Gowa mampu meraih terbaik pertama.

Baca Juga : PMI Turunkan Bantuan Hingga Relawan Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir dan Longsor di Sulsel

"Tentunya penghargaan ini patut kita syukuri, sebab Kabupaten Gowa dinilai mampu membudayakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar baik itu dalam penulisan maupun dalam pengucapan," ucapnya.

Dirinya berharap, penghargaan ini mampu dipertahankan. Bila perlu, instansi-instansi lain ikut berpatisipasi dalam kategori-kategori yang diperlombakan di tahun-tahun berikutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Salam menjelaskan bahwa acara Lomba Wajah Bahasa setiap tahun diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca Juga : Bupati Gowa Buka Rakor Pendidikan, Program Mahasantri Berlanjut ke Gelombang Kedua

"Lomba Wajah Bahasa ini merupakan penilaian atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah, instansi pemerintahan, swasta maupun media," jelasnya.

Adapun penilaian yang dilakukan oleh panitia lebih kepada tata tertib penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Mulai dari administrasi penulisan bahasa Indonesia nama-nama dalam satu bidang sebagai identitas instansi, ruang-ruang publik serta fasilitas umum yang ada di wilayah kantor tersebut.

Sementara Zaenab menyampaikan bahwa berbicara masalah bahasa, khususnya media luar ruang, adalah wajah Indonesia. Namun apa yang terjadi berdasarkan pengamatan balai bahasa ternyata masih banyak dijumpai bahasa asing, lebih diutamakan dari bahasa Indonesia.

Baca Juga : Pembukaan MTQ Sulsel, Adnan-Kio Beri Semangat ke Kontingen Gowa

"Melalui ajang pelombaan ini saya mengajak kita semua untuk selalu menjunjung tinggi bahasa kita yakni bahasa Indonesia agar kita tidak kehilangan identitas jati diri bangsa Indonesia," ungkapnya.

Untuk mempertahankan keberadaan bahasa Indonesia, pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan dan program-program kerja. Salah satunya setiap tahun kami mengadakan lomba ajang pemilihan duta bahasa.

"Duta bahasa inilah yang menjadi mitra kami dalam melakukan pembinaan-pembinaan kantor-kantor literasi di komunitas anak-anak pemulung, termasuk di lembaga pemasyarakatan anak yang kadang-kadang kurang terjangkau," jelasnya.

Baca Juga : Bupati Gowa: Keberlanjutan Program Pendidikan Makin Tingkatkan SDM Unggul

Selain Kabupaten Gowa, ada 4 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Wajah Bahasa Kategori Kantor Bupati/Walikota tahun 2020, yakni Kabupaten Takalar, Kabupaten Maros, Kota Palopo dan Kabupaten Barru.

#Pemkab Gowa