Selasa, 06 Oktober 2020 22:02

Cegah Penularan Covid-19, Kaca Penghalang akan Dipasang Saat Debat Cawapres AS

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cegah Penularan Covid-19, Kaca Penghalang akan Dipasang Saat Debat Cawapres AS

Wakil Presiden Mike Pence dan cawapres penantangnya Kamala Harris akan dipisahkan oleh penghalang plexiglass selama pelaksanaan debat yang akan berlangsung Rabu (7/10). Upaya ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona yang dalam beberapa hari terakhir merebak di Gedung Putih.

RAKYATKU.COM - Wakil Presiden Mike Pence dan cawapres penantangnya Kamala Harris akan dipisahkan oleh penghalang plexiglass selama pelaksanaan debat yang akan berlangsung Rabu (7/10). Upaya ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona yang dalam beberapa hari terakhir merebak di Gedung Putih.

Perdebatan, satu-satunya yang dijadwalkan antara kandidat wakil presiden, akan digelar di Salt Lake City, enam hari setelah Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa dia tertular virus corona.

Baik Harris, senator Demokrat AS, dan Pence, seorang Republikan, telah dites negatif dalam beberapa hari terakhir, dengan wakil presiden bekerja dari rumah selama akhir pekan. Sejumlah staf Gedung Putih dan tokoh Republik, termasuk tiga senator AS, dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga : Donald Trump Bakal Luncurkan Platform Media Sosial Sendiri

Komisi Debat Presiden juga mengatakan kedua kandidat akan dipisahkan dengan jarak lebih dari 12 kaki (3,7 m). Akan ada sejumlah tamu dalam debat tersebut, semuanya akan menjalani tes, dan siapa pun yang tidak memakai masker akan diminta keluar ruangan. Demikian seperti dilansir laman Reuters, Selasa (6/10).

Pada debat presiden pertama antara Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden pekan lalu, beberapa anggota keluarga Trump tidak mengenakan masker saat duduk di antara penonton.

 

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Pence, Katie Miller, berkata: "Jika Senator Harris ingin menggunakan 'benteng' di sekeliling dirinya, lakukanlah."

Baca Juga : Selama Menjabat Presiden AS, Kekayaan Donald Trump Menurun

Sebagai tanggapan, Sabrina Singh, juru bicara Harris, menulis di Twitter: "Menarik bahwa @VPComDir Katie Miller mengolok-olok keinginan kami untuk penghalang kaca di tahap debat, ketika bosnya sendiri seharusnya bertanggung jawab atas gugus tugas Covid-19 dan harus mengadvokasi hal ini juga. "

Sponsored by MGID

Miller sendiri mengidap Covid-19 pada musim semi.

Sementara itu, juru bicara kampanye Trump Tim Murtaugh mengatakan presiden menyatakan akan berpartisipasi dalam debat presiden berikutnya, yang dijadwalkan pada 15 Oktober di Miami.

Baca Juga : Trump Selamat! 43 Suara Menolak Pemakzulan

Trump meninggalkan rumah sakit militer pada Senin setelah tiga hari perawatan, meskipun pesan beragam dari Gedung Putih telah memicu ketidakpastian tentang seberapa sakitnya dia.

Biden mengatakan pada hari Senin bahwa dia bersedia untuk berpartisipasi dalam debat yang dijadwalkan minggu depan dengan Trump selama para ahli kesehatan mengatakan itu akan aman.

Diagnosis tersebut menimbulkan pertanyaan tentang keamanan mengadakan debat untuk pemilihan 3 November. Debat pertama dari tiga debat terjadwal berlangsung minggu lalu, dua hari sebelum Trump dinyatakan positif terkena virus corona.

Baca Juga : Jelang Pemakzulan Donald Trump, Anggota Kongres Dapat Ancaman Pembunuhan

"Jika para ilmuwan mengatakan bahwa itu aman dan jaraknya aman, maka saya pikir tidak masalah. Saya akan melakukan apa pun yang menurut para ahli adalah hal yang tepat untuk dilakukan," kata Biden, yang dites negatif Covid-19 selama akhir pekan, mengatakan kepada wartawan di Delaware sebelum menuju ke Florida dalam perjalanan kampanye.

Masa karantina normal bagi siapa pun yang dinyatakan positif mengidap virus corona adalah 14 hari.

Trump berkali-kali meremehkan pandemi yang sekarang telah menginfeksi 7,4 juta orang Amerika dan menewaskan lebih dari 209.000. Biden mengkritik Trump karena tidak menanggapi masalah kesehatan dengan cukup serius.

Baca Juga : Fantastis, Segini Uang Pensiun dan Tunjangan yang Dikantongi Trump

sumber: merdeka.com

Sponsored by advertnative
 
#Donald Trump