Sabtu, 03 Oktober 2020 19:44

Warga Sungai Saddang Baru Keluhkan Banjir yang Sudah Langganan, Ini Solusinya Menurut Appi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Warga Sungai Saddang Baru Keluhkan Banjir yang Sudah Langganan, Ini Solusinya Menurut Appi

Appi berjanji menjadikan penanganan banjir sebagai salah satu prioritas jika terpilih sebagai wali kota kelak.

RAKYATKU.COM - Hamsir, warga Kelurahan Barabarayya Selatan, Kecamatan Makassar, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berdialog dengan calon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin.

Dia menyampaikan sejumlah keluhannya saat menghadiri kampanye tatap muka di Jalan Abu Bakar Lambogo II, Kelurahan Barabarayya Selatan, Sabtu (3/10/2020).

Sebagai warga yang tiap harinya beraktivitas di wilayah Barabarayya Selatan, Hamsir mengeluhkan banjir yang kerap terjadi di wilayahnya tiap musim hujan.

Baca Juga : RUPS Tahunan PT LIB, Jajaran Komisaris dan Direksi Berubah

Pada sesi tanya jawab, Hamsir menjadi orang yang pertama mengacungkan tangan.

Saat dipersilakan, pria yang berprofesi sebagai pedagang kelontongan itu langsung menunjukan wajah yang serius.

"Setiap hujan pasti air tergenang. Jadi kami berharap agar Pak Appi memperhatikan Jalan Sungai Saddang. Di depan itu asal hujan pasti banjir," katanya.

Baca Juga : Gantikan Munafri Arifuddin, Sadikin Aksa Duduki Posisi Direktur Utama PSM Makassar

Bahkan dengan suara yang terbata-bata dan sesekali meninggi, ia mempertegas bahwa apa yang terjadi ini sudah sekian tahun lamanya. Pemerintahan sebelumnya hingga saat ini belum memberikan perhatian serius.

"Tidak pernah tidak, air pasti tergenang selalu begitu Pak," tuturnya.

Baca Juga : Makna Tersirat TP Dihadiahi Jersey PSM Makassar Nomor Punggung 01

Padahal di kawasan itu terdapat kanal yang bisa menampung air kala musim penghujan. Tetapi, menurut Hamsir, air tetap tergenang akibat tak adanya drainase yang menuju langsung ke kanal.

"Itulah kasihan kenapa kami minta kalau Pak Appi duduk wali kota Insyaallah, supaya ini diperhatikan. Bisa ada penggalian nantinya," harapnya.

Keluhan dari Pak Hamsir ini pun ditanggapi Appi langsung.

Baca Juga : Appi dan Bernardo Tavares ke Gowa: Lapangan Ini yang Kita Cari

Calon wali kota nomor urut 2 itu mengatakan jika inilah pentingnya dialog langsung dengan warga.

"Bahwa memang kami turun kampanye ini meski terbatas jumlahnya tapi kesempatan kami untuk bisa mendengarkan langsung apa keluhan yang jadi keluharan warga-warga sekalian," tuturnya.

Terkait dengan banjir yang disebutkan sebagai salah satu masalah yang tak kunjung terselesaikan, Appi berjanji akan menjadikan prioritas jika terpilih sebagai wali kota kelak.

Baca Juga : Bupati Gowa Persilakan PSM Makassar Latihan di Stadion Kalegowa

"Ini memang masalah pembuangan air tidak pernah selesai, jadi ada kanalnya tapi ada wilayah yang tidak sempat tertampung airnya karena ada cekungan ini mi yang jadi masalah," katanya.

"Insyaallah Pak, doakan kami dan yang akan pertama kami bikin adalah bagaimana kami membuat saluran agar bisa menuju ke kanal-kanal ini," sambung CEO PSM Makassar itu.

Selain berdialog langsung dengan warga di Jalan Abu Bakar Lambogo II, Appi juga blusukan di Pasar Ablam yang tak jauh dari lokasi.

Baca Juga : Bupati Gowa Persilakan PSM Makassar Latihan di Stadion Kalegowa

Ia menyapa para pedagang dan pembeli serta menanyakan sejumlah masalah mereka. Utamanya di tengah kondisi Covid-19 ini.

Beberapa pedagang seperti pada kunjungan-kunjungan Appi sebelumnya di pasar lainnya masih mengeluhkan penjualan yang makin menurun.

"Makin susah Pak, kurang pemasukan," kata salah seorang pedagang sayuran.

Baca Juga : Bupati Gowa Persilakan PSM Makassar Latihan di Stadion Kalegowa

Pandemi Covid-19 ini memang dalam beberapa bulan menghantam sendi-sendi kehidupan masyarakat. Tak hanya persoalan kesehatan yang membuat angka kematian terus meningkat, tetapi juga dari segi ekonomi mengalami penurunan daya beli masyarakat.

Olehnya itu sebagai calon wali kota, Appi berfokus pada dua program utama yakni penanggulangan Covid-19 dan membangkitkan kembali perekonomian.

#Munafri Arifuddin #appi-rahman