Kamis, 01 Oktober 2020 16:35

Melalui Program KUR, Anir-Lutfi Jamin Ketersediaan Pupuk untuk Petani

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Calon bupati Pangkep nomor urut 4, Andi Nirawati bersama warga kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Pangkep.
Calon bupati Pangkep nomor urut 4, Andi Nirawati bersama warga kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Pangkep.

Salah satu program prioritas pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi), yaitu menjamin ketersediaan pupuk melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Salah satu program prioritas pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi), yaitu menjamin ketersediaan pupuk melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program ini sangat dibutuhkan masyarakat Pangkep, karena sebagian besar masyarakatnya merupakan petani.

Salah seorang petani di kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Sulaiman mengaku kesulitan mendapatkan pupuk jika musim tanam tiba.

"Di sini, kalau masalah petani itu pupuk dan irigasi. Nah, bagaimana program Anir-Lutfi agar menyelesaikan permasalah ini," kata Sulaiman di sela-sela pertemuan dengan Anir di Kelurahan, Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Kamis, (1/10/2020).

Baca Juga : 

Kelangkaan pupuk juga dirasakan warga di Kampung Lawarang. Baharuddin kepada Lutfi Hanafi, berharap ada program yang memudahkan warga dalam mendapatkan pupuk.

"Di kampung kami ini rata-rata masyarakatnya adalah petani. Akan tetapi kami sangat dipersulit untuk mendapatkan pupuk saat kami butuhkan. Sehingga kami tidak tahu harus mencarinya di mana. Bahkan biasanya kami harus mencari pupuk Sampai di kab. Maros itupun kalau masih ada," ujar Baharuddin kepada Lutfi.

Anir menjawab keluhan warga tersebut. Dia menyebut, pihaknya bakal menjamin keberadaan pupuk dari program KUR.

"Jika butuh pupuk akan diberikan, bukan berupa uang tapi barang, pupuk. Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan pupuk kualitas bagus dengan harga pasar," kata wanita kelahiran Labakkang, 1977 ini.

Sementara itu, Lutfi mengatakan, jika warga kesulitan mendapatkan pupuk, berarti ada yang salah dalam proses pengelolaan dan distribusinya,

"Jika pupuk itu susah, berarti yang bermasalah itu berada pada sistem pemerintahannya, dan cara pengelolaannya yang kKurang tepat. Sehingga terjadilah kelangkahan pupuk," ungkap mantan Ketua HIPMI Pangkep ini.

"Insyaallah kami punya program ke depannya, ketika kami diamanahkan memimpin Pangkep, kami akan menjamin keberadaan pupuk dan menjamin kesejahteraan petani dengan program KUR. Insyaaallah kami akan berikan pinjaman kepada seluruh petani demi kesejahteraan rakyat, khususnya petani," jelasnya.

Pasangan nomor urut 4 ini, juga akan memperbaiki pengelolaan sisitem irigasi. Memberikan bantuan bibit berkualitas secara gratis. Pemberian modal ke Perusda agar Perusda membeli hasil panen petani saat pesta panen.

Anir-Lutfi juga bakal memberikan bantuan alat mesin tani (alsintan) yang berkualitas, pengembangan komoditi unggulan di setiap kecamatan, pemberian bantuan hewan ternak unggas (bebek) bagi keluarga tidak mampu secara berkelanjutan, dan memberikan bantuan sumur bor untuk membantu petani padi dan jeruk pada musim kemarau.

#anir-lutfi #pilkada pangkep 2020