Kamis, 01 Oktober 2020 16:02

Ilham Azikin Pimpin Bantaeng, Kampung Bira-Bira Akhirnya Teraliri Listrik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin (kanan).
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin (kanan).

"Sejak Indonesia merdeka, dusun ini baru mendapat aliran listrik. Ini juga berkat keikhlasan warga yang rela ditebang pohonnya sebagai lintasan aliran listrik."

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Warga di Kampung Bira-bira di Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng akhirnya bisa menikmati listrik. Selain listrik, warga di kampung ini juga sudah bisa menikmati fasilitas air bersih.

Selama ini, kampung ini menjadi salah satu kampung yang terisolasi. Jauh dari sentuhan listrik dan air bersih. Di masa kepemimpinan Ilham Azikin sebagai Bupati Bantaeng, warga di kampung ini akhirnya mulai menikmati aliran listrik dan air bersih.

Manajer PT PLN UP3 Bulukumba, Leandra Agung, mengatakan, Dusun Bira-Bira ini adalah salah satu dusun yang belum pernah tersentuh aliran listrik. Atas dorongan berbagai pihak, maka PT PLN memberikan listrik dusun agar bisa dinikmati warga di dusun ini.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

"Sejak Indonesia merdeka, dusun ini baru mendapat aliran listrik. Ini juga berkat keikhlasan warga yang rela ditebang pohonnya sebagai lintasan aliran listrik," kata dia, Rabu (30/9/2020).

Dia mengatakan, membutuhkan waktu 45 hari untuk mengaliri listrik di dusun ini. Waktu itu sudah termasuk pemasangan tiang dan kabel listrik.

"Jaringan yang kami bangun itu mencapai satu kilometer untuk tegangan menengah," jelas dia.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

Dia juga mengatakan, dalam waktu satu bulan ke depan, dua kampung lainnya di Bantaeng juga akan teraliri listrik. Keduanya adalah Kampung Bonto Jonga dan Kampung Parang Labbua.

"Ini adalah bentuk komitmen kita untuk ikut membantu mengaliri listrik di daerah terpencil," jelas dia.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, mengatakan, aliran listrik dan air bersih yang masuk di Kampung Bira-Bira tidak terlepas dari perjuangan para pemimpin sebelumnya di Bantaeng. Oleh karena itu, dia mengajak semua warga di kampung itu untuk bersyukur dan menjaga fasilisitas yang ada itu.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

"Saya yakin semua pemimpin yang ada di Bantaeng ikut memperjuangkan ini. Ini perjuangannya pak camat, pak lurah, dan berkat perjuangan kita semua. Semoga sebulan ke depan, saudara kita di Desa Bonto Jonga dan Parang Labbua juga bisa menikmati listrik seperti di kampung ini," jelas dia.

Dia juga mengajak kepada semua warga di kampung Bira-bira untuk senantiasa mengajak anak-anak mereka untuk bersekolah. Menurutnya, fasilitas yang ada harusnya dibarengi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

"Tidak ada alasan tidak sekolah. Sekarang sudah ada listrik, sudah ada air bersih, jadi anak-anak di kampung ini saatnya sekolah," jelas dia.

Penulis : Irmawati Azis
#pemkab bantaeng #ilham azikin