Rabu, 30 September 2020 17:31

Banyak Muncul Klaster Covid-19 di Kampus Inggris, Ribuan Mahasiswa Diisolasi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
Ilustrasi (Foto: AP Photo)

Lebih dari 30 universitas di seluruh Inggris telah melaporkan kasus positif Covid-19 sejak masa kuliah baru dimulai awal bulan ini, dan kini ribuan mahasiswa harus mengisolasi diri.

RAKYATKU.COM - Lebih dari 30 universitas di seluruh Inggris telah melaporkan kasus positif Covid-19 sejak masa kuliah baru dimulai awal bulan ini, dan kini ribuan mahasiswa harus mengisolasi diri.

Tidak ada angka resmi dari pemerintah atau pembuat kebijakan, namun pelacakan laporan lokal menunjukkan sekitar 40 dari 130 universitas di Inggris sejauh ini memiliki kasus Covid-19, kata BBC seperti dikutip dari laman The Straits Times, Senin (29/9).

Lebih dari 717 kasus virus corona telah diidentifikasi di antara siswa dan staf sejak universitas dibuka kembali. Setidaknya 33 universitas di Inggris dikonfirmasi kasus Covid-19 dengan dua lainnya memiliki dugaan kasus.

Baca Juga : 

Manchester Metropolitan University telah meminta sekitar 1.700 mahasiswa agar mengisolasi diri setelah 127 kasus dikonfirmasi.

Sedangkan Universitas Glasgow memiliki 172 kasus yang dikonfirmasi, dengan 600 mahasiswa yang mengisolasi diri. Namun kampus ini telah setuju untuk mengembalikan uang sewa selama satu bulan kepada mahasiswa dan memberikan pembayaran 50 pound atau Rp. 1,3 juta untuk makanan.

Banyak universitas telah menjanjikan mahasiswa perpaduan antara pengajaran langsung dan daring, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang apakah mereka harus mendapatkan pengembalian dana jika pengajaran hanya dilakukan secara daring atau apakah mereka harus membayar akomodasi universitas jika semua pelajaran mereka disampaikan dari jarak jauh.

Menteri Pendidikan Kate Green mengatakan pilihan potongan biaya pelajar harus tetap menjadi pertimbangan.

Seperempat orang Inggris kini mengalami karantina wilayah yang berbeda karena kasus Covid-19 terus meningkat di seluruh negeri.

sumber: merdeka.com

#Covid-19