Selasa, 29 September 2020 14:12

NA Apresiasi Generasi Muda Sulsel Ikut Lomba Esai Persahabatan Indonesia-Jepang

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
NA Apresiasi Generasi Muda Sulsel Ikut Lomba Esai Persahabatan Indonesia-Jepang

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, mensupport generasi muda Sulsel khususnya siswa SMA dan SMK untuk mengikuti lomba esai persahabatan Indonesia-Jepang. Lomba tersebut merupakan kali ketiga dilaksanakan di Sulsel sejak tahun 2018 lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, mensupport generasi muda Sulsel khususnya siswa SMA dan SMK untuk mengikuti lomba esai persahabatan Indonesia-Jepang. Lomba tersebut merupakan kali ketiga dilaksanakan di Sulsel sejak tahun 2018 lalu.

"Ini bagus Pak, kita ikutkan anak-anak didik kita untuk berlatih diri untuk menulis esai," kata Nurdin Abdullah, di Gubernuran, Selasa, 29 September 2020.

Nurdin Abdullah yang didampingi Kadis Pendidikan Sulsel meminta agar menyampaikan hal tersebut kepada anak-anak didik, khususnya SMA dan SMK se-Sulsel untuk ikut serta dalam perlombaan tersebut.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Soppeng, Tebar 160 Ribu Benih Ikan di Salomate

"Kita kasi hadiah bagi anak-anak kita. Nanti di atur saja apa hadiahnya, bisa motor, sepeda atau laptop," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi, menjelaskan, lomba esai persahabatan Jepang - Indonesia sudah mulai diselenggarakan pada tahun 2018 dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Jepang - Indonesia yang ke-60.
Kali ini, merupakan ketiga kalinya pelaksanaan lomba ini.

Lomba esai ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda setempat untuk memikirkan masa depan hubungan Jepang - Indonesia, sekaligus bertujuan untuk meningkatkan minat terhadap Jepang.

Baca Juga : Komitmen Pemprov - PKK Sulsel Turunkan Stunting, Kampanyekan Makan Telur untuk Anak dan Ibu Hamil

"Esai ditulis dalam bahasa Indonesia agar siswa dari sekolah yang tidak mempelajari bahasa Jepang pun bisa turut berpartisipasi dan meningkatkan minatnya terhadap jepang," jelasnya.
Sedangkan untuk tema lomba esai ini, yakni Prediksi Saya Tentang Perkembangan Indonesia dan Eksistensinya di Dunia Internasional, Serta Hubungannya dengan Jepang 10 Tahun Kemudian.

Untuk waktu penyelenggaraan sendiri, penerimaan naskah pada 1 November - 31 Desember 2020, masa penjurian Januari 2021, pengumuman penyerahan hadiah Februari - Maret 2021. Sedangkan, target peserta siswa atau siswi SMA sederajat se-Sulsel dengan jumlah SMA 581 dan SMK 431 orang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai lomba tersebut bisa langsung ke kantor Konsuler Jepang di Makassar Gedung Wisma Kalla Lt. 7, Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 8-10 Makassar 90125, di jam kerja atau bisa kirim melalui email cjm_essaycontest@sb.mofa.go.jp.

#Pemprov Sulsel