Selasa, 29 September 2020 07:02

Cegah Banjir, Pemkab Bantaeng Bahas Solusi Bersama BBWSPJ

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cegah Banjir, Pemkab Bantaeng Bahas Solusi Bersama BBWSPJ

Masalah yang dibahas dalam sidang itu yakni isu strategis terkait banjir bandang Bantaeng.

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng tak ingin banjir bandang terulang. Langkah pencegahan dibahas bersama Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ).

Masalah yang dibahas dalam sidang itu yakni isu strategis terkait banjir bandang Bantaeng. Dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu (28-30/9/2020) di Hotel Kirei Bantaeng.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), Adenan Rasyid mengatakan, salah satu yang dibahas yakni isu strategis terkait banjir bandang Bantaeng.

Baca Juga : KPU RI Putuskan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota di Sulsel, Ini Daftarnya

Banjir bandang itu, katanya, terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi di daerah hulu.

"Melalui kegiatan ini diharapkan ada sumbangsih pemikiran dari seluruh pihak untuk mencari solusi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, guna mengatasi masalah banjir," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelaraskan kesepahaman antar sektor, antar wilayah dalam pengelolaan sumber daya air wilayah sungai.

Baca Juga : Jumlah Kursi Bertambah, Ini Opsi Rancangan Dapil DPRD Bantaeng di Pemilu 2024

Selain itu juga guna memberi saran kepada pemerintah pusat terkait pengelolaan sumber daya air sesuai hasil koordinasi, serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program dan rencana kegiatan pengolahan sumber daya air pada wilayah sungai.

Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah kehormatan bagi Pemkab Bantaeng atas ditunjuknya sebagai lokasi pelaksanaan sidang TKPSDA.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan ke Korban Angin Puting di Bantaeng

"Saya harap melalui sidang ini, akan ada sumbangsih pemikiran bagi kami dan SKPD di Bantaeng dalam merumuskan, merencanakan, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan apa yang kita laksanakan pada siang hari ini," kata dia.

Turut hadir pada kesempatan itu antara lain kepala Dinas PUTR Sulsel selaku ketua harian TKPSDA WS Jeneberang, kepala Sekretariat TKPSDA WS Jeneberang, serta para anggota TKPSDA WS Jeneberang periode 2019-2024.

Penulis : Irmawati Azis
#bantaeng