Senin, 28 September 2020 09:01

Hampir Diserahkan ke Penjual Barang Bekas, Teko Kuno Ternyata Berharga Rp7,5 Miliar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Hansons Auctioneers.
Foto: Hansons Auctioneers.

"Kami yakin itu dibawa kembali ke Inggris oleh kakek saya yang ditempatkan di Timur Jauh selama Perang Dunia Kedua dan dianugerahi Bintang Burma," kata penjual itu.

RAKYATKU.COM - Sebuah teko kecil yang ditemukan seorang pria Inggris saat membersihkan garasi hampir berakhir di toko barang bekas sebelum dilelang dengan harga hampir USD500.000 atau setara Rp7,5 miliar.

Hansons Auctioneers mengatakan penjual anonim berusia 51 tahun itu sedang membersihkan kotak dari garasi milik keluarga di Church Gresley, Derbyshire, Inggris, ketika dia menemukan teko yang biasa dipajang ibunya di rumah masa kecilnya.

"Kami yakin itu dibawa kembali ke Inggris oleh kakek saya yang ditempatkan di Timur Jauh selama Perang Dunia Kedua dan dianugerahi Bintang Burma," kata penjual itu.

Pria itu mengatakan bahwa barang itu hampir disumbangkan ke toko barang bekas, tetapi dia memutuskan untuk menaksirnya dan terkejut mengetahui bahwa itu adalah peninggalan Tiongkok abad ke-18 yang mungkin telah digunakan di istana Kaisar Qianlong.

Hansons mengatakan ada dua barang yang hampir identik yang diketahui ada dan disimpan di museum di Tiongkok dan Taiwan.

Dia sebelumnya hanya menaksir akan terjual USD50.000, tetapi akhirnya mendapatkan tawaran tinggi USD495.880.

"Saya senang, ini akan mengubah beberapa hal bagi kita semua. Saya duduk dan menonton lelang secara langsung di rumah bersama saudara dan keluarga saya," kata penjual setelah lelang.

"Itu tegang. Aku punya beberapa kaleng Guinness sebelumnya. Kita akan pergi minum malam ini dan bersulang untuk kakek."

Lelang Charles Hanson mengatakan harga didorong oleh perang penawaran antara delapan peserta dari seluruh dunia sebelum tawaran akhir ditempatkan oleh pembeli London.

"Ini adalah salah satu objek terpenting yang pernah saya jual dengan hak istimewa. Ini pasti penemuan kuncian terbaik yang pernah ada," kata Hanson.

Sumber: UPI

#Teko Mahal #Barang Kuno