Sabtu, 26 September 2020 08:02

Perlindungan Tenaga Kerja Barru Masuk Tujuh Besar, Bupati Diganjar Penghargaan Paritrana Award

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perlindungan Tenaga Kerja Barru Masuk Tujuh Besar, Bupati Diganjar Penghargaan Paritrana Award

Barru menerima piagam penghargaan setelah masuk tujuh terbaik finalis Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 2019.

RAKYATKU.COM,BARRU - Paritrana adalah bahasa sansekerta yang bermakna perlindungan. Tidak banyak daerah yang memiliki progresivitas dalam memberikan perlindungan kepada tenaga kerjanya.

Namun, di Kabupaten Barru dalam tiga tahun terakhir, peserta BPJS Ketenagakerjaan mengcover hampir semua pekerja di bawah manajemen pemerintah daerah maupun desa.

Kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Barru semakin luar biasa. Pemda menganggarkan bagi ribuan non-ASN untuk dibayarkan premi BPJS Ketenagakerjaannya.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Duet kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin Abdul Muttalib juga berhasil mengajak beberapa instansi seperti instansi vertikal, Baznas, perbankan, maupun pihak swasta lainnya untuk melindungi tenaga kerja yang ada. Termasuk tenaga kerja yang bukan penerima upah.

Alhasil, tenaga kerja bukan penerima upah seperti buruh, tukang ojek, dan penarik becak beberapa di antaranya telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Barru.

Kepedulian itu membuahkan Paritrana Award 2019. Barru menerima piagam penghargaan setelah masuk tujuh terbaik finalis Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 2019. Penghargaan diterima langsung Bupati Barru Suardi Saleh, Jumat pagi (25/9/2020).

Baca Juga : Sanggar Seni Colliq Pujie Barru Terima Bantuan Uang Dari Kemensos

"Tentu saja hal ini sangat membanggakan. Penghargaan ini memberikan motivasi untuk tingkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan pensiun," sebut Bupati Barru Suardi Saleh saat menerima penghargaan ini.

"Jaminan sosial tenaga kerja sudah seharusnya menjadi hak setiap pekerja pada umumnya dan tenaga non-ASN pada khususnya," tambah salah satu Top Leader Indonesia versi Seven Media Asia ini.

Yang membuat hal ini menjadi istimewa karena Kabupaten Barru sebagai finalis Paritrana Award dari tujuh kabupaten/kota se-Indonesia dan menjadi satu-satunya kabupaten yang berasal dari kawasan timur Indonesia.

Baca Juga : Rumah Terbakar, Warga Mengaku Sempat Lihat Petir

Selain penerimaan piagam penghargaan, Jumat yang selalu saja penuh berkah semasa kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh, juga dilakukan pemberian santunan kematian bagi ahli waris beberapa aparat desa dan pegawai non-ASN Kabupaten Barru yang telah lebih dulu berpulang ke rahmatullah.

"Hari ini pula, kita memberikan santunan ke beberapa ahli waris almarhum yang nilainya semoga membantu bagi keluarga yang ditinggal. Semoga dapat ikhlas dan berlapang dada serta santunan kematian ini dapat membantu permodalan untuk melanjutkan hidup sesuai harapan almarhum," jelas Bupati Suardi Saleh.

 

Penulis : Achmad Afandy
#barru