Jumat, 25 September 2020 17:00

Jaga Kualitas Pendidikan, Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Aplikasi Gratis Barugasikola

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jaga Kualitas Pendidikan, Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Aplikasi Gratis Barugasikola

Barugasikola berasal dari bahasa Bugis-Makassar yang berarti gerbang pendidikan.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Balai Pustaka meluncurkan aplikasi media sosial gratis bernama Barugasikola.

Media sosial ini dapat diakses melalui website www.barugasikola.com atau diunduh melalui smartpohe Android dan segera dalam versi Apple IOS. Peluncuran ini digelar Hotel Claro, Jumat (25/9/2020).

Direktur Utama PT Bali Pustsaka, Acham Fachrodji mengatakan, aplikasi Barugasikola menggabungkan media sosial dalam satu aplikasi yang terintegrasi.

Selain bisa bermedia sosial, aplikasi ini memungkinkan proses belajar mengajar antar guru dan siswa berlangsung dimana saja melaui media daring.

"Barugasikola berasal dari bahasa Bugis-Makassar yang berarti gerbang pendidikan. Sesuai namanya, Barugasikola adalah sarana yang bisa menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi," katanya.

Dia menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, apilkasi ini berperan penting dalam memutus rantai virus Covid-19 karena tidak ada interaksi langsung antara siswa dan guru, serta menghindari kerumunan orang dalam jumlah besar seperti saat bersekolah dengan sistem tatap muka.

"Khusus orang tua, aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memonitor aktivitas belajar antara siswa dengan guru melalui aplikasi. Barugasikola pastikan aplikasi ini bisa mempermudah orang tua melihat kegiatan anaknya setia saat," jelasnya.

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin mengapresiasi inisiasi Balai Pustaka bersama Pemprov Sulsel menghadirkan aplikasi Barugasikola. Apalagi aplikasi ini bisa diakses gratis masyarakat.

"Kalau kita lihat fitur-fitur Barugasikola sudah sangat lengkap dan sangat kreatif yang bisa membangkitkan semangat anak-anak kita walaupun di kondisi jarak jauh seperti ini," katanya.

Prof Rudy mengaku, di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui masa berakhirnya, Barugasikola menjadi solusi untuk tetap menjaga kualitas pendidikan Indonesia.

"Dan satu yang kita banggakan Barugasikola ini pertama kali diluncurkan di Kota makassar untuk seluruh Indonesia," katanya.

Penulis : Yuniastika Datu
#Barugasikola