Rabu, 23 September 2020 11:15

Tingkatkan Pendidikan, Pemkab Wajo Kerja Sama dengan Sampoerna University-Putera Sampoerna Foundation

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemerintah Kabupaten Wajo dengan Putera Sampoerna Foundation secara resmi melakukan perjanjian kerja sama. Penandatanganan berlangsung Kantor Bupati Wajo, Selasa (22/9/2020).
Pemerintah Kabupaten Wajo dengan Putera Sampoerna Foundation secara resmi melakukan perjanjian kerja sama. Penandatanganan berlangsung Kantor Bupati Wajo, Selasa (22/9/2020).

Disepakati bahwa dari Pemerintah Kabupaten Wajo akan membiayai dua siswa dan Putera Sampoerna akan membiayai dua siswa sehingga total menjadi empat siswa-siswi dari Kabupaten Wajo yang akan mewakili Kabupaten Wajo untuk berkuliah di Universitas Sampoerna.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten Wajo melalui visi dan misi Bupati Wajo, menyadari penuh pentingnya pendidikan tinggi bagi masyarakat Kabupaten Wajo. Hal ini dengan tujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa berkualitas dan berkaliber internasional bagi pembangunan Indonesia dan Kabupaten Wajo pada khususnya.

Komitmen kuat dari Bupati Wajo, Amran Mahmud, diwujudkan dengan dilakukan inisiasi bersama dengan mendatangani perjanjian kerja sama melalui program bantuan pendidikan sarjana di Universitas Sampoerna yang diwakili oleh Kelasworo Andri selaku Head of Fundraising of Putera Sampoerna Foundation.

"Saya menyambut baik untuk kerja sama program bantuan pendidikan di Universitas Sampoerna. Saya berharap dengan adanya program ini dapat memberikan peluang emas bagi siswa lulusan SMA di Kabupaten Wajo untuk bisa mengenyam pendidikan di Universitas Sampoerna yang bekerja sama dengan University of Arizona di Indonesia,” tutur Bupati Wajo, Amran Mahmud, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga : 

Universitas Sampoerna merupakan universitas berstandar internasional yang telah bekerja sama dengan University of Arizona di Amerika Serikat. "Melalui kerja sama ini, founder Putera Sampoerna Foundation, Putera Sampoerna mempunyai visi dan misi agar semakin banyak anak-anak Indonesia dapat mengenyam pendidikan setaraf internasional di Indonesia. Dan dapat menciptakan lulusan yang berkarakter dan berkompetensi dalam menghadapi tantangan global," beber Mutmainna Syahril selaku Government Relations Manager yang mewakili Putera Sampoerna Foundation dan Sampoerna University untuk melaksanakan test tahap kedua yaitu LOEP test online yang dilaksanakan di Kabupaten Wajo.

Kerja sama program bantuan pendidikan di Universitas Sampoerna merupakan sistem sharing dari sisi pembiayaan, dimulai dari tuition fee sampai living allowance. Dan disepakati bahwa dari Pemerintah Kabupaten Wajo akan membiayai dua siswa dan Putera Sampoerna akan membiayai dua siswa sehingga total menjadi empat siswa-siswi dari Kabupaten Wajo yang akan mewakili Kabupaten Wajo untuk berkuliah di Universitas Sampoerna.

Pada November 2019 telah dilakukan tahap awal seleksi. Dimulai dengan pembukaan pendaftaran melalui online portal bagi siswa-siswi Kabupaten Wajo yang memiliki nilai rapor SMA rata-rata 80 ke atas. Dari jangka waktu yang sudah ditentukan, siswa-siswi melakukan diagnosis test (DT) yang dilakukan secara manual.

Dari 120 siswa-siswi yang mengikuti tahap awal seleksi, terdapat 16 siswa-siswi lolos seleksi tahap awal dan melanjutkan test kedua yaitu LOEP test. Test ini meliputi pelajaran matematika, pengetahuan umum, bahasa Inggris (reading dan writing dalam bahasa Inggris). Berdasarkan hasil LOEP test, untuk tahun ajaran 2020 terpilih satu siswa yang dinyatakan lolos seleksi dan langsung diterima kuliah di Universitas Sampoerna yang berkurikulum Univesity of Arizona.

Pemerintah Kabupaten Wajo dengan Putera Sampoerna Foundation secara resmi melakukan perjanjian kerja sama. Penandatanganan berlangsung Kantor Bupati Wajo, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Faisal.

Dalam kesempatan tersebut, Faisal mengatakan bantuan pendidikan ini memberi kesempatan kepada putra-putri Kabupaten Wajo untuk melanjutkan pendidikan ke salah satu universitas terbaik di Indonesia yang berstandar intrrnasional. "Yang tentunya melalui tahapan seleksi dan terbuka peluang untuk semua siswa SMA sederajat," ucapnya. (Adv Humas Diskominfotik Wajo)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Putera Sampoerna Foundation