Senin, 21 September 2020 11:02

Januari 2021, Terminal Callacu Sengkang Pindah ke Jalan Sawerigading

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Humas Diskomifotik Wajo.
Foto: Humas Diskomifotik Wajo.

Pemindahan terminal sesungguhnya telah diwacanakan sejak tujuh tahun lalu.

RAKYATKU.COM, WAJO - Terminal Induk Kota Sengkang yang sebelumnya berada di Callaccu rencananya akan dipindahkan ke Jalan Sawerigading mulai Januari 2021 mendatang.

Hal itu diungkapkan Bupati Wajo, Amran Mahmud, saat kunjungan relokasi Pasar Tempe di Jalan Sawerigading, beberapa waktu lalu.

Pemindahan terminal sesungguhnya telah diwacanakan sejak tujuh tahun lalu. Amran mengatakan akan memfokuskan pembangunan di jalur dua daerah Cempalagi.

Baca Juga : 

"Kenapa kami benahi semua jalanan, saya berharap 2023 semua sudah tuntas semua di jalur dua ini. Saya juga targetkan 2023 sudah indah ini tempat karena target kita ingin menjadi kegiatan perekonomian masyarakat," ujarnya.

"Jadi di Sentral nantinya jadi pusat grosir, maka dari itu kita akan pindahkan terminal bulan Januari nanti, baik jalur pete-pete maupun angkutan umum," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Andi Hasanuddin, saat dikonfirmasi terkait relokasi terminal yang baru menuturkan akan mengikuti petunjuk bupati.

"Tentu saja kita akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada para masyarakat dan pedagang maupun para pengelola yang berada di dalam wilayah terminal ini, bahwa kita akan pindah kemudian kita akan melakukan pendataan yang rapi dan kita mulai akan pindahkan secara pelan - pelan," katanya, Senin (21/09/2020)

"Mungkin kita akan bergerak pada bulan ini atau bulan depan, itu sebagai isyarat bagi pengemudi angkot bahwa terminal betul akan pindah."

Andi Hasanuddin menuturkan bahwa mengenai pengaturan los-los di terminal yang baru nantinya, pihaknya sudah siapkan sejak lama.

"Tempat sudah siap beberapa tahun yang lalu, baik dengan lokasi ruang tunggu penumpang dan los-los yang ada di terminal, nanti setelah pemilik sah dan sudah di restui oleh pimpinan, mereka sudah bisa pindah ke sana."

"Mereka harus berbenah sesuai model-model jualannya dulu dan tidak merubah bentuk dengan sesuai aturan dan tempat masing-masing. Baik pedangang campuran, warung makan maupun elektronik. Itu kita persiapakan sekarang ini setelah rampung. Itu yang akan kami laporkan kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati, setelah beliau restui kita mulai eksen relokasi," ujarnya.

"Tentu kita tunggu tuntasnya pembangunan jalan beton. Karena kalau terminal berfungsi jalan beton belum tuntas sopir angkotkan belum bisa merapat ke terminal baru, tapi jalan beton selesai dan rencana bulan depan kita akan pindahkan," katanya.

Sekedar diketahui terminal yang ada di Callacu akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH) untuk masyarakat Wajo setelah pindah ke Jalan Sawerigading. (Adv Humas Diskomifotik Wajo)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Humas Diskomifotik Wajo