Senin, 21 September 2020 10:02

Muncul Klaster Keluarga, Perlu Pakai Masker saat di Rumah?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

"Apabila kita memang orang yang beraktivitas di luar rumah, disarankan tetap selama berkontak dengan keluarga kita yang rentan tersebut, maka sebaiknya di dalam rumah tetap menggunakan masker."

RAKYATKU.COM - Kasus-kasus penularan Covid-19 mulai banyak terjadi di klaster keluarga. Kondisi ini memunculkan pertanyaan tentang perlunya memakai masker saat sedang berada di rumah.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), mengatakan tidak semua orang di rumah harus memakai masker. Jika di rumah ada kondisi yang meningkatkan risiko penularan, maka barulah seseorang harus pakai masker.

"Apabila kita memang orang yang beraktivitas di luar rumah, disarankan tetap selama berkontak dengan keluarga kita yang rentan tersebut, maka sebaiknya di dalam rumah tetap menggunakan masker," kata dr Agus dalam konferensi pers di BNPB dikutip Detik, Senin (21/9/2020).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Termasuk dalam kelompok berisiko adalah lanjut, anak-anak, dan pengidap penyakit penyerta atau komorbid. Jika di rumah ada kelompok berisiko, maka seseorang yang sering beraktivitas di luar rumah dianjurkan tetap pakai masker meski di rumah.

Tidak kalah penting, sepulang beraktivitas seseorang harus segera membersihkan diri. Risiko penularan Covid-19 bisa terjadi melalui virus yang menempel pada pakaian maupun benda-benda yang dikenakan.

#Masker #masker saat di rumah #Covid-19