Sabtu, 19 September 2020 20:02

Ular Piton Tertua Bertelur, Tanpa Kawin dan Kontak dengan Pejantan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Saint Louis Zoo.
Foto: Saint Louis Zoo.

Padahal, ular ini tidak bersama pejantan selama 15 tahun terakhir. Ular piton itu telah berada di bonbin ini sejak 1961 dan bertelur pada 23 Juli 2020.

RAKYATKU.COM - Pengelola kebun binatang Saint Louis Zoo, Missouri, Amerika Serikat, terkejut saat ular piton tertua di sana bertelur tujuh butir.

Padahal, ular ini tidak bersama pejantan selama 15 tahun terakhir. Ular piton itu telah berada di bonbin ini sejak 1961 dan bertelur pada 23 Juli 2020.

Ular piton ini sesungguhnya pernah bertelur pada 2009, tetapi telurnya tidak menetas. Saat itu ular betina ini juga tidak kawin.

Baca Juga : Dikira Karpet, Ternyata Ular Piton Telan Satu Ekor Sapi

Wanner menduga ular ini sempat kawin pada 1980 atau 1990 saat petugas membersihkan kandang dan menaruh kumpulan ular bersama di ember.

"Itu mengejutkan. Kami tidak menyangka dia akan bertelur," kata Mark Wanner, manajer bonbin Saint Louis Zoo dilansir dari CNN, Sabtu (19/8/2020).

Ular piton ini tidak memiliki nama dan berusia sekitar 62 tahun. Bonbin memberinya label 361003.

Baca Juga : 100 Orang Cari Wanita yang Tak Pulang dari Kebun, Jasadnya Ditemukan di Dalam Perut Piton Sepanjang 7 Meter

Ular piton jenis ball atau bola merupakan hewan yang berasal dari Afrika tengah dan barat. Ular ini bisa bereproduksi tanpa kawin yang dikenal dengan istilah facultative parthenogenesis.

Sejumlah hewan lain seperti Komodo naga dan ular juga bisa bereproduksi tanpa kawin.

Ular piton jenis ini juga bisa menyimpan sperma untuk proses pembuahan berikutnya. Namun, waktu penyimpanan terlama yang pernah ditemukan adalah 7 tahun.

Baca Juga : Ngeri, Lagi Asyik Buang Air, Pantat Wanita Ini Digigit Ular Piton yang Muncul di Kloset

Sumber: CNN

#ular piton