Jumat, 18 September 2020 14:35

Jangan Asal! Intip Rekomendasi Menentukan Mainan untuk Anak

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Rumah Cor.
Foto: Rumah Cor.

Setelah mengetahui daftar toko mainan anak yang terbaik, kini saatnya Anda mulai menentukan mainan apa yang akan Anda dibeli.

RAKYATKU.COM - Saat ini sudah banyak bertebaran toko mainan anak. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam memilih toko mainan anak yang tepat untuk buah hati Anda.

Agar kualitas dari mainan yang Anda beli dapat terjamin keawetannya, tentu sebaiknya Anda membeli mainan di toko yang telah terpercaya.

Sekalipun, akan mengeluarkan bujet yang cukup banyak untuk sebuah mainan anak, hal itu tidak akan menjadi masalah yang besar jika Anda belanja di toko yang tepat.

Kabar baiknya lagi, toko mainan anak kini tidak hanya bisa Anda temukan secara langsung di pusat-pusat perbelanjaan saja. Perkembangan teknologi membuat Anda bisa menemukan toko mainan anak secara online.

Kemudahan berbelanja yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli mainan anak, namun tidak memiliki banyak waktu luang. Selain mudah, membeli mainan di toko online juga bisa lebih menghemat pengeluaran Anda. Mengingat belanja online dilengkapi dengan banyak promo dan diskon spesial di dalamnya.

Langsung saja, berikut rekomendasi toko mainan anak terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Selain tersedia secara offline, toko mainan di bawah ini juga bisa Anda temukan secara online.

1. Toys Kingdom
Toko mainan yang didirikan oleh Grup Kawan Lama ini begitu populer di Indonesia. Toys Kingdom pertama kali didirikan pada tahun 2010 dan hingga kini telah berusia 10 tahun. Sebagai toko mainan yang populer, Anda bisa dengan mudah menemukan Toys Kingdom di pusat perbelanjaan terdekat. Bahkan, pihak Grup Kawan Lama mengklaim bahwa toko mainan ini telah memiliki lebih dari 53 toko yang tersebar di Indonesia.

Merek dan jenis mainan yang bisa Anda temukan di Toys Kingdom juga terbilang sangat lengkap. Bahkan, Anda bisa menemukan beragam mainan impor yang sangat populer di luar negeri. Koleksi mainan impor yang dimiliki Toys Kingdom juga terbilang lebih lengkap dibandingkan dengan toko mainan lainnya. Bagi Anda yang berniat membeli mainan impor yang cukup langkah, membelinya di Toys Kingdom bisa jadi pilihan terbaik.

2. Kidz Station
Selain Toys Kingdom, toko mainan yang juga sangat populer di Indonesia yakni Kidz Station. Bahkan, toko mainan yang didirikan oleh PT. Mitra Adi Perkasa memiliki cabang yang lebih banyak dibandingkan dengan Toys Kingdom. Banyaknya cabang Kidz Station yang tersebar di Indonesia membuat toko ini terbilang sebagai toko mainan terbesar di Indonesia. Jenis mainan yang bisa Anda temukan di toko ini juga terbilang sangat banyak.

Anda bisa menemukan berbagai macam jenis mainan untuk anak usia bayi hingga 12 tahun ke atas. Beragam mainan edukasi seperti Lego juga tersedia secara lengkap di toko online yang satu ini. Anda yang sedang mencari mainan baru yang kekinian dengan kualitas yang bagus bisa membelinya di Kidz Station.

3. Toys City
Toko mainan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1990 yang lalu. Umurnya yang cukup tua membuat Toys City merupakan toko mainan tertua yang ada di Indonesia. Eksistensinya hingga saat ini menunjukkan bahwa kualitas mainan yang dijual Toys City tidak perlu Anda ragukan. Koleksi mainan yang dimiliki pun terbilang sangat lengkap.

Tidak hanya menyediakan berbagai macam jenis mainan anak, Anda juga bisa menemukan mainan yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Banyaknya jenis mainan yang ada di Toys City membuat Anda tidak perlu ragu saat ingin belanja di toko mainan satu ini.

4. Atham Toys
Toko mainan yang didirikan pada tahun 2008 ini terbilang sanga unik. Bagaimana tidak, Atham Toys menjual berbagai macam jenis mainan berkualitas yang terbuat dari bahan kayu. Material kayu yang diusung pada setiap produk mainannya membuat Atham Toys sukses mencuri perhatian para pemburu mainan. Selain menyediakan mainan khusus anak-anak, toko mainan yang satu ini juga dilengkapi dengan beragam jenis mainan untuk orang dewasa.

Material kayu yang dipilih oleh Atham Toys membuat setiap produk mainannya memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama. Menariknya lagi, toko mainan lokal ini juga menjual setiap produknya dengan harga yang ramah kantong. Sehingga Anda tidak perlu khawatir setiap kali akan membeli mainan Atham Toys. Tertarik untuk membelinya? Kunjungi website resmi Atham Toys atau temukan Official Store Atham Toys di e-commerce Yanga dan di Indonesia.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Membeli Mainan Anak
Setelah mengetahui daftar toko mainan anak yang terbaik, kini saatnya Anda mulai menentukan mainan apa yang akan Anda dibeli. Agar tidak salah dalam memilih jenis mainan yang tepat, simak beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli mainan anak berikut.

1. Aman
Keamanan mainan menjadi hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Terlebih jika Anda membeli mainan yang memang diperuntukkan untuk anak usia balita. Mengingat anak usia balita masih suka menjilat atau menggigit benda di sekitarnya.

Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, Anda perlu mengetahui informasi mengenai bahan pembuat dari mainan yang akan Anda beli. Pastikan mainan tersebut memang terbuat dari bahan yang aman dan telah dilengkapi dengan sertifikat SNI. Memberi mainan dengan bahan yang tidak aman tentu akan mendatangkan penyakit bagi buah hati Anda.

Dibandingkan membeli mainan murah dengan bahan yang tidak aman, akan lebih baik jika Anda membeli mainan yang aman dengan harga yang sedikit mahal.

2. Sesuaikan Usia Anak
Selain memperhatikan keamanan bahan dari mainan yang akan dibeli, Anda pun harus menyesuaikan umur buah hati setiap kali akan membeli mainan. Memberi mainan yang tidak sesuai dengan usia buah hati hanya akan membuat mainan tersebut tidak digunakan secara maksimal.

Sebagai contoh, mainan puzzle tidak akan cocok jika diberikan kepada buah hati yang masih berusia 1 tahun. Sekalipun mereka tetap bisa memainkannya, puzzle yang mereka susun tidak akan membentuk satu kesatuan yang seharusnya. Alih-alih melatih kreativitas dengan menyusun puzzle, mainan satu ini bisa jadi hanya akan dilempar-lempar oleh buah hati Anda.

3. Jangan Beri Mainan yang Rumit
Setiap jenis mainan tentu memiliki cara penggunaannya yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara memainkan mainan yang akan Anda beli untuk buah hati. Dengan begitu, nantinya Anda bisa mengajarkan si kecil bagaimana cara memainkan mainan tersebut.

Sekalipun mainan yang akan dibeli keren, sebisa mungkin Anda tidak usah membelinya jika memang tidak paham bagaimana cara memainkannya. Jika Anda saja tidak paham, bagaimana si kecil akan memahami dengan sendirinya?

4. Pilih Mainan Edukasi
Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan yakni sebisa mungkin belilah mainan yang di dalamnya terdapat unsur edukasi untuk buah hati. Pasalnya, proses belajar yang dibarengi dengan bermain akan lebih mudah diterima oleh buah hati Anda. Dengan begitu, si kecil nantinya bisa belajar sekaligus meningkatkan tumbuh kembang mereka.

Salah satu mainan edukasi yang bisa Anda jadikan pilihan yakni Lego. Selain mengasah kreativitas dan imajinasi si kecil, mainan satu ini juga bisa meningkatkan kemampuan problem solving buah hati Anda, lho. Bagi Anda yang bingung ingin membeli mainan edukasi apa, Lego bisa jadi pilihan Anda yang terbaik.

5. Awet dan Tahan Lama
Hal yang satu ini masih erat kaitannya dengan material dari mainan yang Anda beli. Sebelum membelinya, pastikan bahwa mainan tersebut terbuat dari material yang berkualitas dan tahan lama. Sekalipun murah, membeli mainan dengan kualitas bahan yang mudah rusak hanya akan merugikan Anda nantinya. Di mana Anda perlu membeli mainan anak terus menerus. Untuk menghindari hal tersebut, perhatikan bagaimana tingkat daya tahan material mainan yang Anda beli.

Kelima hal yang telah disebutkan di atas tentu perlu Anda perhatikan dengan baik setiap kali akan membeli mainan untuk buah hati. Jika sudah menentukan jenis mainan yang akan dipilih, pastikan nantinya Anda juga meluangkan waktu untuk menemani si kecil selama bermain.

Selain mendekatkan hubungan antara Anda dengan si kecil, bermain bersama juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosialnya. Jangan lupa untuk juga selalu ajarkan si kecil mengenai mainan yang belum dia kuasai dengan baik.

Tips Menyimpan Mainan Agar Rumah Tetap Rapi
Sifat bosan yang dimiliki anak-anak membuat Anda perlu membeli mainan dengan jenis yang bermacam-macam. Hal ini bisa menjadi permasalahan yang besar jika Anda tidak tahu bagaimana cara menyimpan mainan yang baik dan benar.

Alih-alih membuat si kecil bahagian atas koleksi mainnya, Anda malah akan sering dibuat kesal akan mainan anak yang tersebar di berbagai sudut rumah. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak tips menyimpan mainan anak berikut.

1. Kelompokkan Mainan Sesuai Jenisnya
Cara mudah menyimpan mainan anak agar tetap rapi yakni dengan mengelompokkan sesuai dengan jenisnya. Untuk mainan seperti balok dan bola bisa Anda simpan di dalam sebuah boks secara terpisah.

Beri label pada setiap box mengenai jenis mainan apa yang disimpan di dalamnya. Pastikan box penyimpanan yang Anda pilih juga telah dilengkapi dengan penutup di bagian atasnya, ya. Selain membuat box tampak tapi dan tak mudah kotor, menutup box mainan anak juga membuat si kecil tak lagi mudah membuatnya berantakan.

Untuk beberapa mainan seperti mobil-mobilan dan action figure sebaiknya tidak Anda simpan di dalam box. Anda bisa menyimpan kedua jenis mainan tersebut kedalam sebuah rak buku dengan pintu kaca. Selain membuat mainan lebih bersih dan awet, hal ini juga bisa membuat rumah Anda tampak lebih cantik dengan mainan Anda sebagai pelengkap dekorasi.

2. Libatkan Si Kecil dalam Membereskan Mainan
Membereskan mainan tentu tidak semata-mata menjadi tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Jika si kecil memang sudah berusia 3 tahun ke atas, Anda bisa mulai melibatkannya setiap kali akan membereskan mainan. Beri pengertian kepada si kecil untuk bisa lebih disiplin dan membereskan koleksi mainannya sendiri.

Ajarkan juga kepadanya bahwa mainan yang disimpan dengan rapi bisa lebih awet dan tahan lama. Dengan melibatkan si kecil, tentu aktivitas membedakan mainan tidak lagi terasa melelahkan bagi Anda. Anda pun nantinya hanya perlu meminta mereka membereskan mainannya sendiri tanpa perlu meminta bantuan kepada orang dewasa.

Itu tadi dua tips utama bagaimana cara menyimpan mainan anak yang sebaiknya Anda praktekkan dengan baik. Selain bisa membuat mainan lebih awet, menerapkan tips penyimpanan di atas juga bisa membuat rumah Anda tampak begitu rapi. Anda pun tak perlu lagi ragu sekalipun akan menambah koleksi mainan untuk buah hati nantinya!

 

#Mainan Anak #mainan