Jumat, 18 September 2020 19:06

Fenomena Langka, Jutaan Burung Mati Berjatuhan dari Langit

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Foto : New Mexico State University
Foto : New Mexico State University

Burung yang ditemukan dalam kondisi mati, jumlahnya pun nyaris tak terhitung. Tentu saja fenomena ini membuat publik bertanya-tanya apa penyebab burung-burung tersebut mati.

RAKYATKU.COM - Fenomena langka terjadi di New Mexico. Ribuan bahkan jutaan burung mendadak mati dan tergeletak begitu saja di jalanan.

Burung-burung itu ditemukan mati di seluruh negara bagian, termasuk di Hernandez, Ojo Sarco, dan El Valle de Arroyo Seco.

Dalam sebuah video yang diposting akun Twitter jurnalis Austin Fisher, Sabtu 13 September 2020, terlihat sekelompok burung ditemukan mati di utara Rio Arriba County. Postingan Austin pun viral di medsos, mendapat reaksi lebih dari 200 pengguna Twitter dikutip dari dream.co.id.

Baca Juga : 

Burung-burung yang mati itu termasuk spesies burung warbler, blue bird, burung pipit, dan burung hitam yang cukup banyak ditemukan di Colorado, Texas dan Meksiko.

Spesies burung itu hampir semuanya pemakan serangga dan bermigrasi sepanjang tahun. Dalam peristiwa ini, burung pemakan serangga tampaknya menjadi spesies yang paling banyak mati. Akibat peristiwa ini New Mexico harus kehilangan ribuan bahkan jutaan burung.

“Kita mungkin kehilangan ratusan ribu, jika tidak jutaan, burung yang bermigrasi,” ungkap Profesor Martha Desmond, yang mempelajari burung di Departemen Ikan, Margasatwa dan Ekologi Konservasi Universitas Negeri New Mexico.

Dikutip dari laman Daily Star, hingga saat ini para ahli belum bisa memastikan jumlah burung yang mati dan menentukan penyebab kematiannya.

Namun, menurut Profesor Martha Desmond, kebakaran hutan di California dan negara bagian Barat lainnya mungkin telah memaksa burung-burung itu bermigrasi lebih awal.

Burung yang bermigrasi sebelum waktunya belum siap dengan kondisi cuaca yang dingin dan tidak punya cadangan lemak untuk bertahan hidup.

“ Bisa jadi cuaca memindahkannya dan mendorong burung keluar lebih awal di Colorado di mana salju turun seperti orang gila. Beberapa dari mereka mungkin belum siap untuk bermigrasi sehingga mereka mati di tempat," ujar Prof Desmond.

Menurut National Interagency Fire Center, saat ini terjadi 87 titik kebakaran hutan besar di 10 negara bagian Amerika Serikat.

#viral #Unik #aneh