Jumat, 18 September 2020 15:01

Maju Pilkada, Adnan Purichta Ichsan Segera Cuti dari Ketua PMI Sulsel

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua PMI Sulsel Adnan Purichra Ichsan saat memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Bank Sulselbar Irmayanti Sultan yang selama ini aktif dalam mensupport tugas kemanusiaan PMI Sulsel.
Ketua PMI Sulsel Adnan Purichra Ichsan saat memberikan penghargaan kepada Direktur Utama Bank Sulselbar Irmayanti Sultan yang selama ini aktif dalam mensupport tugas kemanusiaan PMI Sulsel.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan, memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI Ke-75 tahun.

MAKASSAR - Adnan Purichta Ichsan memastikan akan rehat sementara dari jabatan ketua PMI Sulsel menyusul pencalonannya di Pilkada Kabupaten Gowa.

"Untuk menjaga kenetralan lembaga, saya juga mengajukan cuti selama memasuki masa kampanye, karena saya akan kembali menjadi peserta di Pilkada Kabupaten Gowa," kata Adnan saat memberikan sambutan di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke 75 tahun.

Meskipun dalam aturan, keikut sertaan dirinya sebagai peserta Pilkada Gowa, tidak mengharuskan dirinya cuti, namun Adnan menyebut hal itu sebagai etika dalam ber-PMI. "Ini hanya soal etika ber-PMI. Saya tidak mau, lembaga kemanusiaan ini ditarik-tarik dalam politik nantinya," ujar Adnan yang juga Bupati Gowa ini.

Baca Juga : 

Rencananya, masa cuti Adnan sebagai Ketua PMI Sulsel akan bersamaan dengan masa cutinya sebagai Bupati Gowa. "InsyaAllah mulai tanggal 26 September nanti, saya sudah ambil cuti," ungkapnya.

Sementara itu, di peringatan HUT PMI, Adnan menekankan pengurus dan relawan untuk menguatkan pembinaan khususnya karakter kepalang merahan di tingkat dasar. "Saya meminta seluruh pengurus dan relawan agar terus meningkatkan pembinaan utamanya, membangun karakter kepalang merahan," kata Adnan.

HUT PMI

Adnan Purichta Ichsan, memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI Ke-75 tahun. Perayaan itu digelar dengan mengikuti protokol kesehatan di Aula Dr Ichsan Markas PMI Sulsel, Jumat (18/9).

Pada peringatan ini seluruh pengurus PMI kabupaten/kota dan relawan se-Sulsel juga ikut serta secara virtual di tempat masing-masing. Adnan memberikan pesan agar seluruh pengurus dan relawan terus meningkatkan pembinaan khususnya karakter kepalang merahan di tingkat dasar.

"Saya meminta seluruh pengurus dan relawan agar terus meningkatkan pembinaan utamanya, membangun karakter kepalang merahan," katanya.

Dikatakan Adnan, di tengah pandemi ini PMI akan selalu mengambil peran dalam penanganan Covid-19, seperti penyemprotan secara rutin, penyaluran paket PHBS dan alat cuci tangan, penyaluran media komunikasi, informasi dan edukasi, serta mendorong partisipasi masyarakat.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan terima kasihnya pada seluruh relawan atas respon darurat yang selama ini ditunjukkan dalam kerja-kerja kemanusiaan. Serta secara khusus mengapresiasi sumbangsih Pemerintah Provinsi Sulsel, Polda Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin dalam mendorong kerja-kerja kemanusian PMI Sulsel.

Sementara Asisten II Provinsi Sulsel, Muhammad Firda mengaku sangat mengapresiasi kerja-kerja PMI dalam membantu provinsi Sulsel khususnya dalam bidang kemanusiaan.

"Kami tentunya sangat mengapresiasi kepalang merahan ini apalagi ditengah pandemi sangat membantu Pemprov seperti penyemprotan disinfektan yang rutin dilakukan," pungkasnya.

Sekadar diketahui pada peringatan ini, PMI Sulsel turut memberikan penghargaan kepada Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulawesi Selatan dan Direktur Utama Bank Sulselbar yang selama ini ikut aktif dalam mensupport tugas kemanusian PMI Sulsel, serta paket PHBS kepada seluruh PMI se-Sulsel yang bisa mencukupi 30.000 rumah tangga.

#Pemkab Gowa