Jumat, 11 September 2020 23:02

Beberapa Pemain Positif Covid-19, Klub Ini Mundur dari Liga Champions

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Al Wahda
Al Wahda

Beberapa pemain dinyatakan positif Covid-19 sehingga tidak bisa berangkat ke Doha. Permohonan penundaan pertandingan ditolak AFC.

RAKYATKU.COM - Covid-19 terus memakan korban. Tidak terkecuali klub yang berlaga di Liga Champions.

Komite Eksekutif AFC baru saja mengumumkan kalender kompetisi 2020 terbaru setelah Al Wahda dari UEA menjadi korban COVID-19 pada menit terakhir dari babak kualifikasi Zona Barat Liga Champions AFC.

"Al Wahda telah memberi tahu Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bahwa mereka tidak dapat melakukan perjalanan ke Qatar untuk bertanding di Liga Champions AFC (Barat). Mereka saat ini menempati posisi kedua di Grup A. Beberapa anggota klub dinyatakan positif Covid-19," bunyi pernyataan AFC.

“AFC telah menulis kepada Asosiasi Sepak Bola Uni Emirat Arab (FA UEA) untuk memberi tahu mereka bahwa permintaan oleh FA UEA dan klub untuk penundaan pertandingan grup tidak dapat diakomodasi karena persiapan lanjutan di mana banyak tim telah berangkat ke Qatar," lanjutnya.

AFC telah memutuskan untuk menyelenggarakan dua kompetisi terpisah di lokasi terpusat untuk mencegah efek pandemi yang sedang berlangsung. Dengan demikian, Doha dan Kuala Lumpur dipilih untuk menjadi tuan rumah sisa pertandingan grup untuk wilayah Barat dan Timur.

Dengan Al Wahda tidak dapat melakukan perjalanan ke Doha, jumlah tim dari UEA sekarang turun menjadi tiga, yakni Al Ain, Sharjah, dan Shabab Al Ahli Dubai. Masing-masing menempati Grup D, C, dan B.

 

Sesuai dengan aturan dan regulasi kompetisi, Al Wahda harus membatalkan pertandingan mereka. Masalah ini sekarang akan dirujuk ke Komite AFC terkait untuk diambil keputusan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Musim sepak bola UEA yang dijadwalkan untuk kick-off Kamis lalu (3/9/2020) dengan pertandingan putaran pembukaan Piala Teluk Arab, telah ditunda hanya 24 jam sebelum kick-off, setidaknya selama satu bulan.

Dalam laga Liga Champions AFC, Al Wahda menjadi salah satu tim terbaik di Grup A. Sementara Shabab Al Ahli dan Al Ain belum mencatatkan poin pertama mereka masing-masing di Grup B dan D, juara liga Sharjah memiliki satu poin dan duduk di dasar Grup C mengejar Al Taawoun dari Arab Saudi (6 poin), tim Qatar. Al Duhail (3 poin) dan Persepolis Iran (1).

Sementara itu, pertandingan Zona Timur Liga Champions AFC yang sedianya akan dimulai kembali pada pertengahan Oktober kini telah dijadwalkan ulang untuk dimainkan antara 15 November hingga 13 Desember, demikian AFC terkait usai pertemuan Komite Eksekutif.

Final Liga Champions AFC 2020 yang akan dimainkan di Zona Barat pada 19 Desember akan menjadi pertandingan tunggal, bukan dalam format kandang dan tandang tradisional.

#liga champions asia