Senin, 07 September 2020 23:58

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dokter Sarankan Pakai Masker Saat Berhubungan Seks

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Kepala Kesehatan Masyarakat Kanada, Dr. Theresa Tam menerbitkan sebuah pernyataan publik, bagaimana tetap aman dari virus saat melakukan aktivitas seksual.

 

RAKYATKU.COM - Berhubungan seksual di tengah pandemi bisa jadi rumit, kata kepala kedokteran medis Kanada. Karena itu menurutnya pasangan sebaiknya menghindari berciuman dan memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Kesehatan Masyarakat Kanada, Dr. Theresa Tam menerbitkan sebuah pernyataan publik pada Rabu bagaimana tetap aman dari virus saat melakukan aktivitas seksual.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

"Kesehatan seksuai adalah bagian penting untuk keseluruhan kesehatan kita. Namun, seks bisa jadi rumit saat Covid-19," jelas pernyataan tersebut, dikutip dari CNN, Jumat (4/9).

Risiko, lanjutnya, bisa meningkat bagi pasangan yang berinteraksi dengan orang lain di rumah rumah.

"Risiko aktivitas seksual terendah selama Covid-19 melibatkan diri Anda sendiri," saran Tam.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

Namun bagi warga Kanada yang memilih untuk "terlibat dalam hubungan seksual secara langsung" di luar lingkaran mereka, dia menyarankan sejumlah langkah untuk mengurangi risiko termasuk "menghindari kontak atau kedekatan tatap muka."

Tam mengatakan, hubungan saling percaya pertama-tama harus dibangun dan pasangan juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut.

"Bukti saat ini menunjukkan ada kemungkinan yang sangat rendah untuk tertular virus corona baru melalui air mani atau cairan vagina. Namun, meskipun orang yang terlibat tidak memiliki gejala, aktivitas seksual dengan pasangan baru meningkatkan risiko Anda tertular atau menularkan Covid-19. kontak dekat, seperti berciuman," bunyi pernyataannya.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

Pernyataan itu juga mengatakan, seks seharusnya dihindari jika salah satu orang mengalami gejala Covid-19.

"Batasi penggunaan Anda atas alkohol dan bahan lainnya jadi Anda dan pasangan Anda bisa membuat keputusan yang aman," sarannya.

Tentunya saran kesehatan yang paling umum juga digaungkan - untuk terus mempraktekkan seks aman, termasuk dengan menggunakan kondom dan mengetahui status IMS (Infeksi Menular Seksual) diri sendiri dan pasangannya.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 Jelang Pembelajaran Tatap Muka Pemkot Makassar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

"Dengan mengambil tindakan pencegahan ini dan tetap sadar akan risiko yang kami asumsikan, orang Kanada dapat menemukan cara untuk menikmati keintiman fisik sambil menjaga kemajuan yang telah kami buat dalam menangani Covid-19," pesan Dr. Tam.

Kanada telah mencatat lebih dari 129.000 kasus Covid-19, termasuk 9.135 kematian, menurut Badan Kesehatan Masyarakat Kanada.

#Covid-19