Minggu, 06 September 2020 15:02

Buka Dialog, Iksan Iskandar Ajak Pemuda Ikut Kembangkan Jeneponto

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Buka Dialog, Iksan Iskandar Ajak Pemuda Ikut Kembangkan Jeneponto

Daerah ini memiliki wilayah pegunungan yang didalamnya terdapat potensi perkebunan, tanaman pangan, dan wisata alam. Secara spesifik, Kecamatan Rumbia berada di wilayah pegunungan, yang sangat kaya akan aneka ragam potensi.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Dialog Kepemudaan, yang diselenggarakan oleh Komunitas Kampoeng Rumbia, bertempat diaula Kantor Kacamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Minggu (6/9/2020) siang.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya menyebutkan atas terselenggaranya kegiatan ini, dialog kepemudaan yang dilaksanakan adik-adik dikomunitas, me jadi ciri generasi muda yang intelektual dan pelanjut estafet kepemimpinan.

"Saya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Pemuda yang memiliki ide cemerlang untuk melaksanakan dialog ini. Dan juga menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya Komunitas Kampung Rumbia ini, sebagai wadah pemersatu dan pencetus ide-ide pembangunan," ujarnya

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Ia menjelaskan, bahwa peran pemuda di berbagai sektor pembangunan saat ini merupakan hal mutlak yang harus terus dikembangan. Jeneponto ini memiliki pemuda-pemuda tangguh, cerdas dan kreatif dalam mengembangkan berbagai potensi yang kita miliki.

"Kita punya pesisir pantai dan luas laut yang luas. Di sana ada potensi perikanan dan budi daya kelautan. Kita juga memiliki wilayah dataran rendah yang merupakan sumber potensi pertanian, jasa perdagangan, industri dan energi terbarukan," terangnya

Selain itu, daerah ini memiliki wilayah pegunungan yang didalamnya terdapat potensi perkebunan, tanaman pangan, dan wisata alam. Secara spesifik, Kecamatan Rumbia berada di wilayah pegunungan, yang sangat kaya akan aneka ragam potensi.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

"Udaranya yang sejuk. Sayuran dan perkebunan yang melimpah disertai potensi wisata yang layak didestinasi. Ada Bossolo, Loka Camp, dan lainnya. Untuk itu, saya berharap komunitas ini dapat menjadi pionir dalam membangun gagasan pengembangan berbagai potensi tersebut," tuturnya

Pada kegiatan itu, ia bilang Ini adalah tantangan. Dan yakin bahwa anak-anak muda Rumbia mampu menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang dan kekuatan ini. Apalagi di bawah binaan Pak Camat yang energik dan humanis, parah tokoh pemuda dan lainnya.

Pemerintah Daerah selalu membuka sinergi yang baik dengan seluruh pihak untuk kepentingan pembangunan daerah. Dan pada sektor lain, seperti pendidikan, kesehatan, pembinaan sosial keagamaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat agar menjadi bagian dari kerja-kerja komunitas ini.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Programkan training keahlian dan keterampilan bagi angkatan kerja sehingga selain mampu memberdayakan keberadaaannya selaku pemuda, juga membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Arus globalisasi yang ditandai kemajuan teknologi informasi agar menjadi sumber kekuatan baru dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Jadikan ini sebagai “start up”, peluang bisnis online, pemasaran hasil pertanian secara online, promosi secara online, edukasi online dan sejenisnya.

"Sehingga kekuatan ini membawa potensi positif bukan sesuatu yang dapat merusak moralitas dan pengaruh negatif lainnya. Khususnya pula pada sektor pembangunan politik, saya mengajak untuk membiasakan menyalurkan pendapat secara santun dan menyelesaikan masalah dengan damai," sebutnya

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Tidak boleh ada konflik horisontal di setiap perhelatan pesta demokrasi, karena dapat menggoyahkan sendi-sendi kebersamaan dan persatuan, yang dimungkinkan akan dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab.

Termasuk peran media sosial yang kini terus menjadi wadah informasi yang semakin terbuka dan terakses dengan mudah.

Pendekatan demokrasi melalui pendalaman terhadap nilai kearifan lokal di tengah-tengah masyarakat menjadi pola yang efektif dalam membangun partisipasi publik yang sehat dan demokratis. “Sipakatau, sipakala’biri, sikatutui, siri na pace, sipammaling-malingi”.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

Dengan pendekatan tersebut diharapkan pula masyarakat secara sadar ikut berperan serta memelihara dinamika setiap penyelenggaraan pesta demokrasi dan ikut berperan dalam mensukseskannya tanpa menjadikan iming-iming hadiah dan money politic sebagai motivasi untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kita berharap, masyarakat Jeneponto semakin cerdas dalam berpolitik sebagai salah satu pilar dalam menunjang suksesnya sektor-sektor pembangunan lainnya. Saya mengajak mari kita terus membangun peran dalam seluruh gerak pembangunan daerah," ucapnya

"Kembangkan ide-ide cemerlang. Bangun terus kebersamaan, kemitraan dan memelihara bersama suasana aman, nyaman dan kondusif," tutup Iksan

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati H. Paris Yasir, Sekda H. Safruddin Nurdin, beberapa Kepala OPD, Camat, Anggota DPRD, Kades dan Tripika Kecamatan Rumbia dan para Pemuda Komunitas Rumbia.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto