Sabtu, 05 September 2020 15:47

Akademisi Dukung Ajakan Danny-Fatma Bertarung Gagasan di Pilwalkot Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pasangan M Ramdhan Pomanto (Danny)-Fatmawati Rusdi selalu menggaungkan ajakan demokrasi damai pada setiap kesempatan.
Pasangan M Ramdhan Pomanto (Danny)-Fatmawati Rusdi selalu menggaungkan ajakan demokrasi damai pada setiap kesempatan.

Menurut Pakar Hukum Tata Negara Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Aminuddin Ilmar, ajakan Danny-Fatma kepada kandidat lain adalah bentuk kematangan berpolitik.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Ajakan pasangan M Ramdhan Pomanto (Danny)-Fatmawati Rusdi untuk membuat Pilwalkot Makassar jadi pertarungan adu gagasan, menuai dukungan dari para akademisi.

Langkah itu dinilai tak hanya menciptakan Pilwalkot Makassar yang damai, melainkan kontestasi demokrasi di Kota Makassar lebih bermartabat dan berkualitas.

Menurut Pakar Hukum Tata Negara Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Aminuddin Ilmar, ajakan Danny-Fatma kepada kandidat lain adalah bentuk kematangan berpolitik. Seluruh kandidat tentunya menginginkan kemenangan, tetapi menjaga iklim demokrasi kondusif jauh lebih penting.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Apresiasi Haters dalam Pengawalan Pemerintahan ADAMA

"Saya kira pernyataan terakhir itu (orasi politik Danny Pomanto saat deklarasi) paling membanggakan menurut saya. Karena mengajak semua kandidat pasangan calon untuk bertarung berkompetisi secara sehat. Dengan bertarung gagasan, bertarung ide, bukan saling saling begal, membenci dan seterusnya," ucap Prof Ilmar dalam pernyataannya di stasiun televisi nasional, MetroTV.

Berpolitik santun yang dilontarkan Danny-Fatma, kata dia, sesungguhnya menjadi elemen utama dalam mewujudkan demokrasi yang sehat dan damai. Apalagi, Kota Makassar selalu menjadi "kiblat" perpolitikan di timur Indonesia.

"Inilah yang kita butuhkan untuk kepentingan pemilu damai, tentram, semua orang merasa happy, enjoy, di dalam pelaksanaan penyelenggaraan. Tidak ada saling menyakiti. Itu bisa jadi pegangan semua kandidat," papar Prof Ilmar.

Baca Juga : Isi Akhir Pekan di Pagi Hari, Danny-Fatma Kompak Gowes hingga Bantimurung

Diberitakan, pasangan Danny-Fatma mengajak seluruh kandidat Pilkada Makassar untuk tidak menggunakan politik adu domba yang bisa membuat masyarakat Makassar terpolarisasi. Sudah saatnya, Pilkada Makassar menjadi ajang pertarungan gagasan dan inovasi untuk kemajuan Kota Daeng.

"Kepada sahabat-sahabatku, Appi-Rahman (Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando), Dilan (Syamsu Rizal-Fadli Ananda), Imun (Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid), walaupun kita saling bertarung untuk menang, tapi cinta kita terhadap Makassar selalu akan mempersatukan kita," seru Danny Pomanto saat deklarasi di Pantai Losari, Kamis (3/9/2020).

Hal senada disampaikan Fatmawati usai mendaftar bersama Danny di KPU Makassar. Menurut perempuan kelahiran 1980 ini, kontestasi bermartabat mampu melahirkan pemimpin yang akan membawa perubahan besar untuk Kota Makassar selama lima tahun ke depan.

Baca Juga : Diwarnai Isak Tangis, Pidato Kerakyatan Danny-Fatma: Pilkada Sudah Lewat, Saatnya Bersatu Membangun Makassar

"Kami sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota mengajak kita semua untuk menghadirkan pesta demokrasi yang bermartabat dan sehat," kata Fatma, mantan anggota DPR RI.

#Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi #Pilwakot Makassar 2020