Selasa, 01 September 2020 16:34

Buaya Sepanjang 4,4 Meter Ditemukan di Australia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AP.
Foto: AP.

John Burke, pengawas hutan Katherine, mengatakan, buaya itu merupakan buaya terbesar yang ditemukan dalam tiga tahun terakhir.

RAKYATKU.COM - Buaya seberat 350 kilogram dan sepanjang 4,4 meter ditemukan di sebuah tempat wisata di negara bagian Northern Territory, Australia, Senin (31/8/2020).

Buaya air payau itu ditangkap di muara Sungai Flora di sebuah kawasan wisata alam terpencil, sekitar 120 kilometer dari Kota Katherine.

John Burke, pengawas hutan Katherine, mengatakan, buaya itu merupakan buaya terbesar yang ditemukan dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga : Lepas Kondom Tanpa Persetujuan saat Berhubungan Seks Jadi Tindakan Kriminal

Pada 2017, di kawasan wisata alam yang sama, pernah ditemukan buaya sepanjang 4,7 meter. Buaya itu bersarang dekat Sungai Katherine, yang terletak lebih dekat ke laut ketimbang Sungai Flora.

Populasi buaya meningkat di wilayah utara Australia sejak UU federal menjadikan hewan liar ini sebagai spesies yang dilindungi pada 1970-an.

 

"Itu adalah salah satu alasan mengapa kami menetapkan berbagai zona pengelolaan untuk mengatur jumlah kunjungan wisatawan. Intinya kami berusaha mengurangi kemungkinan terjadinya interaksi antara buaya air payau dan manusia," kata Burke.

Baca Juga : Tak Punya Penyakit Bawaan, Perempuan Positif COVID-19 Meninggal di Usia 38 Tahun

Buaya besar yang baru ditangkap ini dikabarkan dibawa ke sebuah peternakan buaya. Menurut rencana, hewan liar itu akan menjadi bagian dari program pengembangbiakan buaya. Buaya hasil peternakan diizinkan untuk dibunuh untuk dimanfaatkan daging dan kulitnya.

Sponsored by MGID

Manusia dimangsa buaya merupakan insiden yang jarang terjadi Australia. Namun, dengan meningkatnya populasi buaya, makin banyak pihak yang mengkhawatirkan ancaman dari hewan liar ini.

Pada 2017, seorang pria ketika menyelam sendirian sekitar 200 meter dari pantai utara Queensland diserang dan dimangsa buaya air payau berukuran 4,5 meter. Buaya ini berhasil diburu dan ditembak oleh pihak berwenang.

Baca Juga : Polisi Tanggapi Laporan Buaya Lepas di Gedung Kondominium, Ternyata ...

Pada 2016 lalu seorang wanita ketika sedang berendam di pantai diserang buaya berukuran 4,3 meter hingga tewas. Buaya ini akhirnya berhasil ditangkap dan disuntik mati,
Kejadian lainnya yang cukup fatal terjadi pada 2009, sewaktu seorang anak laki-laki diserang buaya dengan ukuran 4,2 meter saat bermain di rawa di belakang rumahnya.

Sumber: VOA Indonesia

Sponsored by advertnative
 
#buaya #Buaya Terbesar #australia