Kamis, 27 Agustus 2020 22:58

Harmoni Kebaikan, BTPN Syariah Gandeng DMC Dompet Dhuafa Gulirkan Program Tepat Peduli

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, mengadakan Program Tepat Peduli Komunitas Nasabah BTPN Syariah.
Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, mengadakan Program Tepat Peduli Komunitas Nasabah BTPN Syariah.

Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat umum, khususnya komunitas nasabah BTPN Syariah yang tersebar di 329 titik di seluruh Indonesia.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Merayakan ulang tahun ke-5, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, mengadakan Program Tepat Peduli Komunitas Nasabah BTPN Syariah.

Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat umum, khususnya komunitas nasabah BTPN Syariah yang tersebar di 329 titik di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan selama sembilan bulan, sejak November 2019 hingga Juli 2020.

Adapun program yang dibangun di antaranya pembuatan mandi cuci kakus (MCK) yang tersebar di 124 titik. Area pembangunan tersebar dihampir seluruh wilayah baik itu pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan beberapa wilayah di timur Indonesia.

Baca Juga : 

Harmoni kerja sama dengan BTPN Syariah juga merambah wilayah bencana, seperti pembangunan MCK di Masamba, Sulawesi Selatan, pascabencana banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut.

MCK ini diharapkan dapat membantu penyintas dalam memenuhi kebutuhan sanitasi air bersih dan membentuk pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tersebut.

Selanjutnya, yaitu program pengadaan sarana air bersih yang tersebar di 84 titik, pengadaan hidropik yang bertujuan mengajak masyarakat bercocok tanam palawija di 15 titik di Indonesia. Kemudian, program tempat pengolahan sampah yang dibangun sebanyak 14 titik wilayah.

 

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Sehingga mempermudah proses daur ulang sampah plastik. Semoga dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat menjadi rajin dan terus berinovasi membuat barang-barang yang bernilai ekonomis,” ujar Rahmat, salah satu penerima manfaat dari Lombok dalam siaran pers, Kamis (27/8/2020).

Selain itu, ada beberapa program pembangunan atau renovasi posyandu yang berlangsung di 47 titik. Program bangunan baru seperti pembuatan bank sampah, PPQ, pos ronda, gapura, dan pembangunan perpustakaan tersebar di delapan titik. Terakhir, program yang dilaksanakan yaitu pembuatan perahu di 10 titik yang tersebar di Indonesia.

Salah satu penerima manfaat renovasi perpustakaan atas nama Sugiarti, selaku Kasie Permas, Desa Tegalsari, Kecamatan Tegal, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengucapkan syukur. “Terima kasih banyak karena ini merupakan mimpi mereka selama tiga tahun terakhir. Alhamdulillah bisa terwujud atas bantuan dari BTPN Syariah," ujarnya.

Penanggung jawab program dan koordinator lapangan DMC Dompet Dhuafa, Abdul Azis, mengatakan manfaat dari program ini dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

"Terima kasih atas kepercayaan dari BTPN Syariah akan kolaborasi dengan DMC Dompet Dhuafa di beragam program. Semoga terus terjalin di program-program kebaikan selanjutnya," tuturnya.

Penulis : Yuniastika Datu
#BTPN Syariah #dompet dhuafa