Selasa, 25 Agustus 2020 16:57

Kunjungan 13 Influencer Travelers, Wisata Bahari Sulsel Bertumbuh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tiga belas influencer travelers yang mengunjungi sejumlah destinasi utama di Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)
Tiga belas influencer travelers yang mengunjungi sejumlah destinasi utama di Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)

Sejak kedatangan 13 influencer travelers ini kunjungan akun instagram visitsulsel sudah tembus 15,6 ribu pengikut dari sebelumnya hanya sekitar 13,8 ribu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 13 influencer travelers mengunjungi sejumlah destinasi utama di Sulawesi Selatan terkait pembuatan konten pariwisata dalam peringatan 75 tahun Indonesia merdeka telah mendorong minat wisatawan berkunjung ke spot destinasi bahari di Sulawesi Selatan.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan, Akbar Nugraha, mengatakan platform digital promosi visitsulsel.id milik daerah telah menjadi pusat inovasi pelaku ekonomi kreatif dan industri pariwisata di Sulawesi Selatan.

"Kami sengaja memasang visitsulsel.id sebagai brand identity pariwisata Sulsel. Seluruh perhatian dan kemampuan digital promotion kami curahkan ke visitsulsel dot id. Termasuk karya-karya 13 influencer travelers ini. Bisa dilihat di akun instagram @visitsulsel.id," ujar Akbar dalam siaran pers yang diterima redaksi Rakyatku.com, Selasa (25/8/2020).

Akbar yang mewakili unsur komunitas ekraf dalam stakeholder pariwisata Sulsel ini mengaku sejak kedatangan 13 influencer travelers ini kunjungan akun instagram visitsulsel sudah tembus 15,6 ribu pengikut dari sebelumnya hanya sekitar 13,8 ribu.

"Jumlah like dan tayangan yang paling banyak dikunjungi itu, saat 13 influencer travelers ini menyanyikan lagu Indonesia Raya di Bukit Nane, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Ini sangat membanggakan Sulawesi Selatan karena mereka menyanyikan serentak bersama seluruh travel blogger dari sejumlah destinasi super prioritas yang ditetapkan Kemenparekraf," ucapnya.

Selain menampilkan keindahan Kepulauan Selayar, lanjutnya sejumlah influencer travelers itu juga memperkenalkan beberapa destinasi menarik lainnya di Sulawesi Selatan diantaranya :

1. Rammang-rammang, Kabupaten Maros
2. Taman Wisata Alam dan Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros
3. Bukit Lappa Laona, Kabupaten Barru
4. Panorama Gunung Nona, Kabupaten Enrekang
5. Budaya Tenun dan corak khas Toraja
6. Negeri diatas awan di desa Batutumonga, Kabupaten Toraja Utara
7. Miniatur rumah tongkonan di Misiliana Hotel Toraja
8. Tongkonan berumur ratusan tahun di desa wisata Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara
9. Menyaksikan ritual budaya membersihkan mayat atau Tradisi Mane'ne' di Toraja
10. Hamparan Bebatuan Menhir di Bori' Kalimbuang, Kabupaten Toraja Utara
11. Menikmati hamparan keindahan panirama pantai Bira di Paduppa Resort, Kabupaten Bulukumba.
12. Keindahan Bukit Nene dan keindahan Takabonerate Island di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulawesi Selatan Deny Irawan memberikan dukungan dan penghargaan bagi dinas pariwisata kabupaten di Sulawesi Selatan yang telah mendukung program promosi digital daerah yang telah dikembangkan Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulawesi Selatan.

"Ini sebuah terobosan dan kolaborasi yang baik antara pelaku ekraf, industri pariwisata dan pemerintah daerah. Sebaiknya kebersamaan melalui gerakan promosi bersama terus digalakkan untuk membangun energi seluruh stakeholders kepariwisataan" kata dia

Disbudpar Sulsel bersama stakehoders menyambut era new normal melalui strategi digital promosi selama masa pandemi Covid 19 selama ini.

"Salah satu strategi disbudpar bersama stakeholder kepariwisataan bukan hanya menyiapkan jaminan standar Clean, Higiene dan Savety atau CHS saja. Tetapi kami juga mengupayakan adanya sinergitas pentahelix pariwisata daerah," tutupnya.

#Sulawesi Selatan #Dinas Pariwisata Sulsel #Pariwisata Sulsel #BPPD Sulsel