Selasa, 25 Agustus 2020 17:02

Kasus Pertama, Reinfeksi Covid-19 Terkonfirmasi di Tiongkok

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Konfirmasi atas reinfeksi yang dialami seorang pria Hong Kong mejadi petunjuk baru untuk menjawab pertanyaan: berapa lama kekebalan terhadap SARS-CoV-2 berlangsung?

RAKYATKU.COM - Kasus reinfeksi Covid-19 untuk pertama kalinya terkonfirmasi di Tiongkok.

Beberapa kasus sebelumnya tidak pernah terkonfirmasi. Hal itu memunculkan dugaan bahwa yang sebenarnya terjadi adalah kemungkinan false positive maupun reaktivasi virus yang masih ada di dalam tubuh.

Konfirmasi atas reinfeksi yang dialami seorang pria Hong Kong mejadi petunjuk baru untuk menjawab pertanyaan: berapa lama kekebalan terhadap SARS-CoV-2 berlangsung?

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Dalam beberapa kasus terdahulu, pasien yang sembuh dari Covid-19 masih bisa memiliki fragmen virus di tubuhnya.

Fragmen ini bisa memberikan hasil positif dalam tes Covid-19 meski sebenarnya sudah tidak ada virus yang aktif, sehingga mengesankan terjadi infeksi ulang.

Akan tetapi, kini, para ilmuwan melaporkan seorang pasien yang terinfeksi ulang dengan dua strain Covid-19 yang secara genetik berbeda dan berselang beberapa bulan. Demikian dilaporkan para ilmuwan dari University of Hong Kong.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

"Ini tidak membunyikan alarm. Ini adalah contoh textbook bagaimana imunitas bekerja," kata Akiko Iwasaki, profesor imunobiologi dan molekular dari Yale School of Medicine.

Pasien yang sebelumnya sehat didiagnosis Covid-19 pertama kali pada 26 Maret dengan gejala ringan berupa batuk, nyeri tenggorokan, sakit kepala, dan demam beberapa hari.

Keluhan mereda setelah dirawat pada 29 Maret dan boleh pulang pada 14 April setelah dua kali tes menunjukkan hasil negatif.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

Berselang 4,5 bulan kemudian, pasien mendapatkan hasil positif dalam skrining di bandara Hong Kong pada 15 Agustus. Ia kembali dirawat, tetapi kali ini tanpa gejala.

"Sementara imunitasnya tidak cukup untuk menangkal reinfeksi, ini melindunginya dari sakit," tulis Iwasaki, dikutip dari Livescience.

#Tiongkok #Covid-19