Sabtu, 22 Agustus 2020 21:02

Kura-Kura Berwarna Emas Ditemukan di Nepal, Dianggap Inkarnasi Dewa Vishnu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Mirror.
Foto: Mirror.

Kura-kura berwarna emas punya memiliki warna yang indah, yang mengalami chromatic leucism, yakni sebuah kondisi akibat hilangnya pigmentasi.

RAKYATKU.COM - Seekor kura-kura terlahir tak biasa atau langka dengan cangkang berwarna kuning keemasan. Kura-kura itu diketahui mengalami mutasi genetik, tetapi oleh warga dianggap sebagai sebuah inkarnasi dewa.

kura-kura langka itu ditemukan di sebuah desa di selatan Nepal. Mithila Wildlife Trust mengidentifikasi kura-kura itu sebagai kura-kura Indian Flapshell.

Kamal Devkota, ahli reptil yang mendokumentasikan temuan itu mengatakan kura-kura tersebut punya sebuah makna spiritual yang mendalam.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

“Bukan hanya warnanya yang kuning seperti emas, tetapi kura-kura ini secara keseluruhan memiliki nilai religius dan budaya di Nepal. Diyakini Dewa Vishnu mengubah wujud menjadi seekor kura-kura untuk menyelamatkan jagad raya dari kehancuran atas inkarnasinya,” kata Devkota, seperti dikutip dari Mirror.

Menurut Devkota, dalam mitologi Hindu bagian cangkang atas kura-kura adalah langit dan bagian cangkang bawah bumi. Dewa Vishnu atau yang dikenal Kurma, saat ini disembah di beberapa kuil di India.

Kura-kura berwarna emas punya memiliki warna yang indah, yang mengalami chromatic leucism, yakni sebuah kondisi akibat hilangnya pigmentasi.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Leucism biasanya menghasilkan warna putih, pucat atau agak pucat, namun dalam kasus ini kura-kura itu mengarah ke xanthophores, yang berlimpah sel-sel warna kuningnya atau sangat dominan.

“Ini temuan kura-kura pertama saya dengan kondisi warna yang tidak biasa. Ini adalah kura-kura pertama di Nepal dengan kondisi chromatic leucism, Lissemys punctata andersoni. Jenis seperti ini mungkin hanya 5 ekor dari seluruh spesies kura-kura di dunia. Jadi, kami bisa katakana ini temuan yang tidak biasa,” kata Devkota.

Setelah didokumentasikan, kura-kura langka itu dilepas ke alam liar. Kura-kura itu diprediksi akan mengalami kesulitan hidup dibanding kura-kura jenis lainnya.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

kura-kura yang mengalami penyimpangan warna sangat jarang terjadi karena ini juga akan berdampak pada kura-kura itu sendiri, mungkin bisa memberikan kerugian pada lingkungan mereka,” kata Devkota.

#kura-kura #Kura-Kura Emas #Unik #viral #nepal