Kamis, 20 Agustus 2020 23:02

Xinxing segera Pecahkan Rekor sebagai Panda Tertua di Dunia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Asia One.
Foto: Asia One.

"Kurang dari 30 panda raksasa di dunia yang hidup lebih dari usia 30 tahun,” kata Yin Yanqiang, ahli di kebun binatang Chongqing.

RAKYATKU.COM - Kebun binatang Chongqing di Tionkok, Minggu (16/8/2020), merayakan ulang tahun Xinxing, yakni seekor panda yang berulang tahun ke-38.

Xinxing tercatat sebagai panda tertua di dunia yang hidup di kebun binatang.

Dikutip dari asiaone.com, Xinxing adalah panda betina yang diproyeksi akan memecahkan Guinness World Record sebagai panda tertua yang pernah hidup.

Baca Juga : 

Sebelumnya rekor ini dipegang oleh seekor panda bernama Jia Jia, yang mati pada 16 Oktober 2016 lalu di Ocean Park Hong Kong atau dua bulan setelah dia berulang tahun ke-38.

"Kurang dari 30 panda raksasa di dunia yang hidup lebih dari usia 30 tahun,” kata Yin Yanqiang, ahli di kebun binatang Chongqing.

Kondisi fisik Xinxing saat sehat dan mampu menjaga berat badannya 90 kilogram – 100 kilogram. Dia makan 7 kali dalam sehari, di antaranya memakan 30 kilogram potongan bambu dan 1 kilogram daun bambu serta beberapa buah.

Xinxing lahir di Provinsi Sichuan pada 1982. Dia dikeluarkan dari alam liar dan dikirim ke kebun binatang Chongqing pada 1983.

Panda Xinxing telah melahirkan 10 ekor anak panda, yang kemudian beranak-pinak sehingga membuat Xinxing menjadi induk dari 153 panda.

Keturunannya sudah tersebar di berbagai belahan dunia atau lebih dari 20 negara dan kawasan, seperti Amerika Serikat, Kanada dan Jepang.

#panda