Rabu, 19 Agustus 2020 18:05

Wah, Taman di Tokyo Ini Punya Toilet Umum Transparan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Toilet transparan di Tokyo. (Twitter/yukio)
Toilet transparan di Tokyo. (Twitter/yukio)

Ada lima toilet tembus pandang yang telah dipasang di lima lokasi, tersebar di Shibuya. Pemasangan dimulai Agustus ini. Dengan proyek ini, pihak pembuat berencana untuk memasang toilet di 17 lokasi berbeda di Shibuya pada musi semi mendatang.

RAKYATKU.COM - Sebuah bilik toilet yang ada di salah satu taman di Tokyo, Jepang belum lama ini menarik perhatian karena bentuknya tidak biasa, yakni transparan alias tembus pandang.

Menyadur The Guardian, Selasa (18/8/2020), toilet umum yang sepenuhnya tembus pandang ini awalnya merupakan proyek arsitek pemenang Pritzker Shigeru Ban, bekerja sama dengan sejumlah desainer terkemuka lain.

Pembangunan toilet unik ini merupakan bagian dari 'Proyek Toilet Tokyo' yang diselenggarakan oleh Nippon Foundation dikutip dari suara.com.

Baca Juga : Percaya Tidak Percaya, Orang Ini Telan Ponsel Nokia 3310

Usut punya usut, toilet ini tak akan selalu tembus pandang. Kaca bilik akan berubah menjadi buram ketika kamar kecil ini digunakan.

Dengan menggunakan teknologi terbaru, dinding luar kaca toilet akan menjadi buram ketika pintu dikunci, memunginkam calon pengguna untuk memeriksa interior sebelum mengeluarkan uang seperser pun.

 

Satu rangkaian terdiri dari tiga bilik berkaca aneka warna seperti kuning dan merah muda. Di dalamnya, ada fasilitas toilet pada umumnya seperti kloset duduk, wastafel, hingga mesin pengering tangan.

Baca Juga : Heboh, Dokter RSUD Masserempulu Enrekang Tidak Percaya COVID-19

"Di malam hari mereka (toilet) menerangi taman seperti lentera yang indah," ujar pihak Nippon Foundation.

Sponsored by MGID

Pemasangan toilet transparan ini merespon dua permasalahan kamar kecil khususnya yang terletak di area taman kota, salah satunya soal kebersihan.

"Yang pertama adalah apakah di dalam bersih, dan yang kedua tidak ada yang diam-diam menunggu di dalam," katanya.

Baca Juga : Istriku Mantan Guruku, Viral Murid Nikahi Gurunya yang Lebih Tua 25 Tahun

Kendati Jepang dikenal sebagai negara yang memperhatikan kebersihan, masih banyak orang yang menganggap fasilitas umum cenderung gelap, kotor, bau dan menakutkan.

Sponsored by advertnative
 
#viral #Unik #aneh