Rabu, 19 Agustus 2020 17:03

Pemerintah Segera Produksi 300 Juta Jarum Suntik Vaksin Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Hingga saat ini vaksin yang sedang berproses hingga pada tahap uji klinis fase III adalah vaksin Sinovac yang bekerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech.

 

RAKYATKU.COM - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia telah menyiapkan jarum suntik jikalau nanti vaksin untuk virus corona telah ditemukan.

Dalam video conference, Wiku menjelaskan kalau pada tahun ini, pemerintah bisa memproduksi sebanyak 100 juta jarum suntik untuk vaksin Covid-19.

Baca Juga : Gebyar Vaksin Covid-19, Pemkab Gowa Siapkan Doorprize Puluhan Sepeda Motor

Produksi tersebut melibatkan perusahaan yang berada di naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Indofarma (Persero) Tbk, sehingga mampu memproduksinya sendiri.

“Untuk tahap sekarang, perusahaan BUMN Indo Farma telah mampu memproduksi 100 juta jarum suntik pada tahun ini,” ucap Wiku di Istana Negara dikutip dari indozone.com, Selasa (18/8/2020).

Sementara itu, untuk tahun mendatang, Wiku pun mengungkapkan kalau pemerintah Indonesia juga akan menyiapkan jarum suntik dengan kapasitas yang meningkat pada tahun depan, yakni sebanyak 300 buah.

Baca Juga : Pria Ini Divaksinasi 90 Kali demi Jual Kartu Vaksin Palsu

“Dan untuk tahun depan kapasitasnya bida meningkat dengan baik mencapai 300 juta jarum suntik. Jadi kemampuan Indonesia untuk jarum suntik bisa terpenuhi dari produksi dalam negeri,” ungkapnya.

#Vaksin Covid-19