Selasa, 11 Agustus 2020 14:40

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan RI di Palopo Cuma 70 Orang

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: IST
Foto: IST

Ada 3 agenda utama yang akan dilaksanakan, yakni apel kehormatan dan renungan suci di TMP Palopo, upacara pengibaran bendera/detik-detik proklamasi, dan upacara penurunan bendera pada sore hari.

PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menggelar rapat pemantapan pelaksanaan upacara HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 di ruang kerja Asisten Tata Pemerintahan (Asisten I) Setda Kota Palopo, Selasa (11/8/2020).

Asisten Pemerintahan, Burhan Nurdin, pada rapat itu mengatakan, pelaksanaan upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI mengacu pada pedoman HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia dengan Nomor: B-442/M.Sesneg/Sek/TU.00.04/07/2020.

“Kita akan gunakan pola minimal, mengingat upacara yang akan kita laksanakan itu terbatas berdasarkan petunjuk dari pusat,, ungkap Burhan Nurdin.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Asisten I melanjutkan, ada 3 agenda utama yang akan dilaksanakan, yakni apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di TMP Palopo, upacara pengibaran bendera/detik-detik proklamasi, dan upacara penurunan bendera pada sore hari.

“Upacara HUT Kemerdekaan RI kali ini dilaksanakan di halaman kantor walikota dan hanya akan diikuti 10 regu (2 regu bersenjata), dengan peserta sekitar 70 orang. Tidak ada paduan suara, hanya ada korsik. Begitu pun dengan undangan, hanya terbatas pada unsur Forkopimda,” jelasnya.

“Setelah upacara, akan dilanjutkan di ruang pola kantor walikota. Walikota bersama unsur Forkopimda akan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta secara virtual sekitar pukul 11.17 WITA,” lanjut Burhan Nurdin.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Ia menambahkan, setelah upacara penurunan bendera, akan dilanjutkan salat Magrib bersama.

Asisten I mengimbau masyarakat untuk menyaksikan upacara detik-detik proklamasi melalui televisi.

Hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Palopo, Nuryadin, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Asnita Darwis, Kabag Umum Setda Kota Palopo, perwakilan dari TNI-Polri, pemadam kebakaran, dan undangan lainnya.

#pemkot palopo