Sabtu, 15 Agustus 2020 20:31

Pemkab Barru Mulai Kembangkan Tanaman Rempah-Rempah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Barru Mulai Kembangkan Tanaman Rempah-Rempah

Bantuan untuk mengembangkan komoditas baru yang diharapkan menjadi unggulan di daerah yang memiliki kontur wilayah dan iklim yang sesuai ini, adalah harapan baru bagi masyarakat dalam jangka panjang, apalagi saat ini beberapa desa di wilayah pegunungan memang telah berhasil menanam dan memetik hasil dari tanaman sejenis, semisal kopi dan cengkeh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten Barru menyerahkan bantuan bibit tanaman bervariasi kepada kelompok tani Desa Bacu-Bacu, Kecamatan Pujananting, Jumat (15/8/2020), ketika berkunjung ke desa tersebut.

Desa Bacu-Bacu yang terdiri atas beberapa dusun di dalamnya meliputi Dusun Ammerung, Dusun Ampiri, dan beberapa Dusun yang berada di ketinggian sejajar dengan tempat wisata Lappalaona. Wilayah ini memang potensial untuk tanaman sejenis cengkeh.

Suasana yang asri, sejuk, dan hampir selalu diselimuti kabut, membuat wilayah ini cukup mendukung untuk ditanami pohon yang pada zaman dahulu pernah menjadi primadona di Eropa.

Baca Juga : Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibraka Barru Dapat Reward Jalan-Jalan ke Bali

Bantuan untuk mengembangkan komoditas baru yang diharapkan menjadi unggulan di daerah yang memiliki kontur wilayah dan iklim yang sesuai ini, adalah harapan baru bagi masyarakat dalam jangka panjang, apalagi saat ini beberapa desa di wilayah pegunungan memang telah berhasil menanam dan memetik hasil dari tanaman sejenis, semisal kopi dan cengkih.

Bupati Barru, Suardi Saleh berharap, masyarakat yang berprofesi sebagai petani di Kabupaten Barru, khususnya di Dusun Ampiri dan Ammerung memanfaatkan bantuan tersebut karena melalui komoditi perkebunan dapat meningkatkan pendapatan petani. Setidaknya dapat mengatasi kemungkinan gagal panen padi atau palawija serta dapat mengurangi urbanisasi.

“Saya harap Dinas Pertanian melalui petugas penyuluh lapangan diharapkan terus melakukan pendampingan kepada para petani, mulai dari persiapan lahan, pertanaman hingga pemeliharaan agar tidak gagal tanam dan panen,” tegas Suardi Saleh.

Baca Juga : Maulid di Lipukasi, Bupati Barru Ajak Tingkatkan Ukhuwah di Tengah Tahun Politik

Upaya tiada henti Bupati Barru, Suardi Saleh menyalurkan bantuan untuk peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya petani disambut gembira.

Salah seorang anggota kelompok tani di Ammerung mengaku gembira dengan adanya bantuan bibit tersebut.

“Terima kasih bapak Bupati, bantuan bibit komoditi sudah lama kami usulkan, hari ini sudah diwujudkan,” katanya.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Semarak Hari Jadi Desa Lompo Tengah ke-64

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru, Ahmad melaporkan, bantuan bibit dari Pemerintah melalui Dinas Pertanian, diserahkan kepada 4 kelompok tani penerima berdasarkan usulan CPCL sesuai potensi kelompok tani.

Bantuan bibit tersebut lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani melalui peningkatan produksi di desa Bacu -Bacu sekaligus berfungsi untuk melestarikan lingkungan khususnya kawasan perkebunan.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Barru telah menyerahkan bantuan bibit program tanaman bawang merah kesejumlah kelompok tani di kecamatan Pujananting dan kecamatan Balusu.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru