Rabu, 12 Agustus 2020 14:04

PMI Gowa Sebar 250 Relawan untuk Tangani Covid-19

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: IST
Foto: IST

250 relawan PMI disebar di 10 desa dan kelurahan, Kabupaten Gowa guna membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

GOWA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa membentuk 250 relawan di 10 desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa guna membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

"Setiap desa kita bentuk 25 orang relawan, khusus di kabupaten gowa ini ada 10 desa dan kelurahan jadi total relawan yang kita rekrut ini sebanyak 250 orang," kata Sekretaris PMI Kabupaten Gowa, Mardani Hamdan saat menggelar Sosialisasi Penguatan Respon Masyarakat Dalam Penaggulangan (Covid-19) di Kantor Desa Timbuseng Kecamatan Pattallassang, Rabu (12/8).

Adapun 10 desa dan kelurahan di 5 kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa yaitu di Kecamatan Somba Opu terdiri dari Kelurahan Paccinongang, Samata, Bonto-Bontoa dan Sungguminasa.

Baca Juga : Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Direvitalisasi, Bupati Gowa Apresiasi Polda Sulsel

Kemudian Kecamatan Pallangga terdiri dari Desa Bontoramba, Kampili dan Panakukang. Kemudian Desa Timbuseng di Kecamatan Pattallassang, Desa Borongloe di Kecamatan Bontomarannu dan Desa Bone Kecamatan Bajeng.

Tugas utama dari relawan ini kata Mardani, yaitu akan memberikan edukasi assessment tentang bagaimana pentingnya menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat bisa lebih luas mengetahui tentang bagaimana pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

"Relawan ini menjadi ujung tombak di masing masing-masing wilayah sekitarnya tentang bagaimana pentingnya untuk setiap masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan minimal bagi diri dan keluarga masing-masing," jelas Mardani.

Baca Juga : Hadiri Sertijab Pangdivif 3 Kostrad, Bupati Gowa Harap Kerja Sama Terus Terjalin

Lanjutnya, di Sulawesi Selatan ada tiga kabupaten/kota yang mendapat program ini yaitu Kabupaten Gowa, Kota Makassar dan Kabupaten Maros. Ketiga daerah ini dipilih oleh PMI Pusat karena dalam daerah zona merah penyebaran Covid-19.

"Harapan kami dengan adanya program ini apa yang menjadi tujuan dalam program ini bisa tercapai sehingga dapat mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Gowa," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Timbuseng, H. Rabaking menanggapi positif dan mengapresiasi atas pembentukan relawan PMI khususnya di wilayahnya. Menurutnya ini akan sangat membantu Pemerintah Desa dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di Desa Timbuseng.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

"Terkhusus di desa kami di Desa Timbuseng yang memang ada beberapa kasus yang terjadi di sini," ujar Rabaking.

Dirinya mengaku siap mendukung dan bersinergi dengan para relawan PMI untuk bisa melakukan penanganan Covid-19 di Desa Timbuseng. Olehnya dirinya mendorong para relawan PMI bisa melahirkan program untuk melawan Covid-19.

Sekedar diketahui, Sosialisasi ini dihadiri oleh relawan dan sejumlah masyarakat Desa Timbuseng serta kembali menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pencagahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr. Gaffar.

#Pemkab Gowa