Rabu, 12 Agustus 2020 13:18

102 Kelompok UMKM di Takalar Dapat Bantuan Kredit Usaha Bersama

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Takalar, Syamsari saat menyalurkan bantuan secara simbolis kepada salah satu kelompok UMKM, pada Rabu (12/8/2020). Foto: IST
Bupati Takalar, Syamsari saat menyalurkan bantuan secara simbolis kepada salah satu kelompok UMKM, pada Rabu (12/8/2020). Foto: IST

Kabupaten Takalar menjadi satu dari delapan kabupaten di Indonesia yang menerima Kredit Usaha Bersama (KUBE).

TAKALAR - Sebanyak 102 kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Takalar mendapat bantuan dana stimulan berupa Kredit Usaha Bersama (KUBE). Bantuan diserahkan Bupati Takalar, Syamsari, pada Rabu (12/8/2020).

Bantuan ini merupakan program dari Kementerian Sosial dengan jumlah bantuan Rp 20 juta per kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang.

Kelompok itu tersebar di Desa Boddia, Palalakang, dan Campagaya di Kecamatan Galesong dan Desa Laikang, Boddia, Lengkese, Banggai di Kecamatan Mangarabombang. Adapun kategori kelompok usaha penerima bantuan ini adalah jenis usaha pertanian, barang campuran, rumput laut, alat tangkap nelayan, dan pandai besi.

Baca Juga : 

Penyaluran bantuan dilakukan dengan sistem non tunai melalui Bank BNI dan proses pembelanjaan barang untuk kebutuhan usaha dilakukan pada toko yang ditetapkan melalui pengawasan masing-masing pendamping.

"Saya berharap bantuan kredit ini membantu perkembangan usaha kita sehingga menjadi lebih mapan. Dan tentu dengan usaha-usaha yang dijalankan ini diberikan sentuhan inovasi dan nanti akan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Dekranasda untuk pemasarannya sehingga semakin berkembang," Kata Bupati Takalar Syamsari usai memberikan bantuan di Bank BNI Cabang Takalar.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Takalar, Dirham HS menyampaikan bahwa Takalar menjadi satu dari 8 kabupaten di Indonesia yang menerima KUBE dan di Sulsel hanya kabupaten Takalar dan Sidrap yang menerima.

"Kita patut bersyukur ditengah pandemi ini karena hanya 8 kabupaten di Indonesia yang menerima,  Takalar salah satunya. Dan di Sulsel hanya dua yakni Takalar dan Sidrap," jelas Dirham.

#pemkab takalar