Rabu, 12 Agustus 2020 08:02

CSR Semen Tonasa Bersaudara, Ciptakan Kemandirian Pelaku UMKM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Semen Tonasa.
Foto: Semen Tonasa.

PT Semen Tonasa sebagai salah satu perusahaan tambang terbesar di Sulawesi Selatan selalu memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, khususnya kepada masyarakat lokal untuk menciptakan kemandirian masyarakat itu sendiri.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pertambangan merupakan sektor yang sangat strategis dalam pendapatan negara dan peningkatan pembangunan nasional. Hal ini tidak terlepas dari peran sektor pertambangan dalam memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Untuk itu dibutuhkan sebuah konsep dalam industri pertambangan yang mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah dan masyarakat lokal. Hal itu demi terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dan menciptakan kemandirian masyarakat.

Salah satu konsep tersebut adalah Corporate Social Responsibility (CSR). Implementasi dari CSR adalah melaksanakan program community development sebagai bagian dari CSR. Prinsip community development sektor pertambangan adalah, pembangunan yang berkelanjutan dimana aspek sosial diimplementasikan dalam bentuk program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

PT Semen Tonasa sebagai salah satu perusahaan tambang terbesar di Sulawesi Selatan selalu memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, khususnya kepada masyarakat lokal untuk menciptakan kemandirian masyarakat itu sendiri.

Tanggung jawab sosial ini, merupakan bagian yang tak terpisahkan untuk menjadi perusahaan yang sukses dimasa yang akan datang. Dari tahun ke tahun, manajemen PT Semen Tonasa terus memprioritaskan pelaksanaan program CSR melalui program CSR Tonasa Bersaudara pada sektor ekonomi, dalam peningkatan ekonomi mikro melalui usaha mandiri.

Kepala Biro Humas dan Sekretariat PT Semen Tonasa, Andi Said Chalik mengatakan bahwa, sektor ekonomi adalah sektor yang penting dan paling mendasar dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta untuk mencapai tujuan bersama didalam satu kerangka pembangunan berkelanjutan. Tentu saja jika ini dimaksimalkan, maka kemandirian masyarakat akan terbangun kedepan sebagai implementasi dari program CSR Tonasa Bersaudara.

"Hal konkret yang telah dilakukan oleh manajemen PT Semen Tonasa melalui pemberian bantuan modal kerja dan pelatihan kewirausahawan program CSR Tonasa Bersaudara dalam rangka menciptakan aspek kemandirian bagi masyarakat. Sehingga ke depan tujuan dari konsep peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat benar-benar dapat tercapai dan dapat memberikan kontribusi optimal terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan, kata Andi Said Chalik, Selasa (11/8/2020).

Apalagi kementrian BUMN telah meluncurkan program PaDi (Pasar Digital) UMKM. Program itu sendiri merupakan sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN untuk mengoptimalkan, mempercepat, dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM, sehingga terbangun kolaboratif dan sinergitas dari pelaku usaha, industri dan juga Pemerintah bersama-sama memajukan UMKM sebagai penggerak ekonomi mikro dan dukungan dari pelaku industri seiring dengan program AKHLAK Kementerian BUMN dalam upaya BUMN Bangkitkan UMKM.

#Semen Tonasa #csr