Senin, 03 Agustus 2020 12:34

Via Zoom, 649 Mahasiswa Baru Poltekpar Makassar Ikuti Traising ESQ

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa Politeknik Pariwisata Negeri Makassar mengikuti ESQ Training secara online melalui aplikasi Zoom.
Mahasiswa Politeknik Pariwisata Negeri Makassar mengikuti ESQ Training secara online melalui aplikasi Zoom.

Selama dua hari maba Poltekpar Makassar digali apa motivasinya untuk menjadi mahasiswa, kemudian diberikan bekal atau modal yang bermanfaat untuk hari ini dan seterusnya.

RAKYATKU.COM - Politeknik Pariwisata Negeri Makassar menggelar ESQ Training online sebagai bekal Pengetahuan dan fondasi diri kepada Mahasiswa Baru Poltekpar Makassar melalui Aplikasi Zoom. Berlangsung pada Sabtu hingga Minggu (1-2/8/2020).

Berbeda pada tahun sebelumnnya, untuk tahun ini sebanyak 649 mahasiswa baru (maba) Poltekpar Makassar mengikuti Training ESQ melalui online. Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk melakukan secara offline seperti pada umumnya.

Selama dua hari maba Poltekpar Makassar digali apa motivasinya untuk menjadi mahasiswa, kemudian diberikan bekal atau modal yang bermanfaat untuk hari ini dan seterusnya.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Adapun materi yang diberikan adalah Self Management (Memahami Jati Diri dan Keterampilan Mengelola Diri), Finding Grand Why (Memahami Makna dan Tujuan Belajar), Unlock The Inner Power (Menggali Kekuatan Dalam Diri), Break The Mental Block (Membebaskan Diri dari Belenggu), Wawasan Kebangsaan dan Anti Radikalisme (Menanamkan Cinta Tanah Air dan Anti Radikalisme), Anti Korupsi dan Waspada Narkoba/Napza (Menghindari Sikap Korup Sejak Mahasiswa dan Selalu Waspada dengan Narkoba), Unshakable Mentality (Ketahanan Diri Ditengah Guncangan), dan The Power of Vision (Memetakan Tujuan Akhir dari Belajar).

Pada pembukaan Training ESQ Direktur Poltekpar Makassar, Bapak Drs. Muhammad Arifin, M.Pd menyampaikan, “Dengan terlaksananya ESQ ini memberikan gambaran pada kita semua, siapa diri kita dan mau kemana kita baik untuk di dunia tentupun dihari kemudian. Ini tidak mudah tanpa melalui suatu kajian, tanpa melalui suatu proses tidak mungkin akan kita memahami siapa diri kita semua."

Adapun yang menjadi Trainer ESQ yakni Ramdani, Adek, dan juga Rudi sebagai para Trainer Lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yang menjadi pemandu Training Online selama dua hari. Pada training berlangsung Trainer memberikan tiga tips bagaimana menjadi raja bagi diri sendiri.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Widyawisata di Tiga Hotel di Makassar

"Jangan sampai kita terpengaruh oleh lingkungan, justru kita yang harus mengendalikannya, karena kita sendiri yang pegang remote kehidupan kita," ucap Ramdani.

Tips modal jangka pendek yaitu GKF:

1. Gerak
Motion to Emotion. Selalu bergerak dengan penuh semangat, men-transfer energi positif kepada yang lain. Tetap bangun rasa optimisme.

Baca Juga : Pokltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

2. Kata
Ucapkan kata atau kalimat positif. Karena apa yang kita pikirkan, rasakan, ucapkan dan lakukan semuanya adalah doa.

3. Fokus
Apa yang kalian fokuskan, itu yang akan berkembang. Untuk modal jangka panjangnya, kita tidak cukup hanya memiliki Kecerdasan Intelektual (IQ) saja. Tetapi, perlu modal Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) juga.

“Kita hidup tak hanya pintar, cerdas, berwawasan luas. Tapi kita perlu mengelola emosi, mental dan pikiran. Seperti menjaga hubungan dengan teman, keluarga, masyarakat. Kita juga harus mempunyai landasan atau pondasi yang kuat dalam hidup. Dan outputnya melahirkan fitrah kita sebagai manusia,” beber Ramdani.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum dan Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

Kalau sudah memiliki fondasi yang kuat (benteng spiritual), menghadirkan Tuhan dalam diri, maka akan terbebas dari belenggu. Tidak peduli dengan cacian, atau hal yang membuat kecewa. Malahan akan mendapatkan ketenangan, rasa optimis dalam menggapai impian.

Seperti yang dirasakan oleh Muhammad Reza Purwanto, salah satu maba Poltekpar Makassar. “Saya mendapatkan pencerahan hati, masa depan saya direnungkan kembali, biar bagaimana pun kita yang perfect, jangan dengarkan caci makian. Kosongkan pemikiran yang berat dan buatlah menjadi fresh lagi,” ucapnya dengan penuh semangat.

#Poltekpar Makassar #ESQ