Senin, 10 Agustus 2020 16:19

3 Pasang Calon di Pilkada Barru, Parpol Sudah Terbagi Habis

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Munculnya Mudassir akan mencairkan suhu politik di Pilkada Barru atas rivalitas kubu Malkan Amin vs Idris Syukur.

BARRU - Parpol pengusung pasangan calon di Pilkada Barru 2020, kini sudah habis terbagi. PKB membuat poros baru ketimbang bergabung dengan koalisi Suardi Saleh atau Malkan Amin.

PKB mengusung putra Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani, Mudassir Hasri Gani. Pasangannya adalah ketua PKB Barru, Aksa Kasim. Lima kursi yang dimiliki PKB, sudah mencukupi syarat minimal untuk melenggang ke bursa calon.

Namun, bisa saja PKB tidak sendirian. Sebab, dukungan parpol masih bisa berubah sepanjang belum didaftarkan ke KPU pada September nanti.

Baca Juga : 

"InsyaAllah, PPP juga akan mengusung kami. Doakan saja," kata Mudassir usai menerima rekomendasi dari PKB Sulsel, Minggu malam (9/8/2020).

PPP, sejauh ini disebut-sebut mengarah kepada pasangan Malkan Amin-A Salahuddin Rum (Macora). Namun, partai pemilik satu kursi di DPRD Barru itu, tidak lagi menjadi penentu.

Sebab, pasangan Macora Jilid II ini sudah mendapat rekomendasi dari Partai Golkar dan Gerindra. Golkar memiliki 5 kursi sedangkan Gerindra mengantongi 3 kursi di DPRD Barru. Totalnya 8 kursi.

11 kursi selebihnya, adalah milik calon incumbent, Suardi Saleh yang berduet dengan putra Andi Idris Syukur, Andi Mirza Riogi Idris. Jumlah kursi itu berasal dari 4 parpol. Yakni Nasdem (5 kursi), PDIP (3), PKS (2) dan Demokrat (1).

"Ini adalah amanah dan kepercayaan kepada kami untuk maju di pilkada,” kata Suardi Saleh yang tak lain ketua DPD Nasdem Barru pada pekan lalu.

Pendukung Malkan vs Idris Syukur

Dari tiga bakal pasangan calon di atas, Mudassir-Aksa adalah wajah baru di panggung kontestasi Pilkada Barru. Mudassir tergolong bakal cabup paling muda, 27 tahun. Ini kali pertama menantu Rektor UNM Husain Syam itu terjun ke dunia politik.

Munculnya Mudassir, disebut-sebut mencairkan suhu politik di Pilkada Barru dalam rivalitas kubu Malkan vs Idris Syukur. Diketahui, duet Macora kalah tipis atas pasangan Andi Idris Syukur-Suardi Saleh dari tiga pasang calon di Pilkada 2015.

Kala itu, Macora mengantongi 37.907 suara sedangkan pasangan Idris-Suardi mendulang 38.726 suara. Satu pasangan lainnya, Andi Anwar Aksa-Adhan Arman meraih 24.548 suara.

Kini, Suardi menggandeng putra Andi Idris Syukur, A Mirza Riogi. Masih tergolong muda dan punya pengalaman sebagai anggota DPRD Sulsel.

Kemana dukungan Andi Anwar Aksa kali ini?

Mantan Wakil Bupati Barru itu sudah terang-terangan mempertegas dukungannya ke pasangan Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi Idris (SS-Ogi). Anwar Aksa mengarahkan komunitasnya yang tergabung di A3 untuk mendukung dan memenangkan SS-Ogi.

 “Melalui kesempatan ini, saya tegaskan sikap mendukung penuh bapak Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi Idris,” tegas Anwar Aksa saat deklarasi komunitas A3 for SS-Ogi di Labuange, Kecamatan Mallusetasi, Sabtu (8/8/2020).

Penulis : Achmad Afandy
#Pilkada Barru 2020