Senin, 10 Agustus 2020 13:03

Vaksin Covid-19 Pertama Dunia Siap Pekan Ini

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kementerian Pertahanan Rusia menyampaikan, dalam pemeriksaan terakhir, sukarelawan yang disuntik vaksin menunjukkan kekebalan.

RAKYATKU.COM - Vaksin Covid-19 pertama dunia sepertinya bukan datang dari Tiongkok ataupun Amerika Serikat (AS), tetapi dari Rusia.

Rusia mengklaim vaksin akan siap pekan ini. Pada di 12 Agustus nanti, akan mendapat izin resmi dari negara.

Dikutip dari Sputnik, Wakil Menteri Kesehatan, Oleg Gridnev, mengatakan vaksin ini dikembangkan Gamaleya Research Institute dan Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca Juga : 

Uji ketiga sedang dilakukan. "Para profesional medis dan warga senior akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksinasi," katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia menyampaikan, dalam pemeriksaan terakhir, sukarelawan yang disuntik vaksin menunjukkan kekebalan.

Dua grup yang diuji sebelumnya menyebut tak ada efek samping dari vaksin. "Semua relawan yang divaksinasi dalam keadaan sehat," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

Walau begitu, WHO menyampaikan kekhawatiran. Mereka menuding Rusia belum memublikasikan data ilmiah apa pun dari uji klinis pertamanya.

"Setiap vaksin (atau obat) untuk tujuan ini harus, tentu saja, melalui semua uji coba dan tes sebelum diberi izin untuk diluncurkan," kata juru bicara WHO, Christian Lindmeier.

#Vaksin Covid-19 #Rusia