Sabtu, 08 Agustus 2020 20:00

Pakar: Covid-19 Tak Akan Bisa Sepenuhnya Dilenyapkan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Covid-19 tidak akan pernah hilang karena sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Namun, dengan kombinasi vaksin dan langkah-langkah kesehatan publik yang baik, penyakit ini bisa dicegah.

RAKYATKU.COM - Pakar utama penyakit menular Amerika Serikat mengatakan dunia tidak akan pernah bisa sepenuhnya memusnahkan Covid-19 yang telah menginfeksi 18,8 juta manusia.

Namun, ia berharap vaksin yang sedang diusahakan akan bisa diperoleh menjelang akhir tahun ini.

“Saya kira akan ada cukup vaksin kalau semua berjalan lancar," kata Dr Fauci kepada VOA. Namun, tambahnya, juga penting untuk menyediakan vaksin bagi negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Fauci mengatakan pengalaman menunjukkan tidak ada jaminan bahwa vaksin akan memberikan perlindungan jangka panjang melawan Covid-19. Fauci mengatakan para pakar masih terus mempelajari virus ini.

Fauci mengatakan kepada kantor berita Reuters, Covid-19 tidak akan pernah hilang karena sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Namun, imbuh Fauci, dengan kombinasi vaksin dan langkah-langkah kesehatan publik yang baik, penyakit ini bisa dicegah.

Menurut data yang dihimpun Johns Hopkins University, sebanyak 2.000 orang lagi meninggal di Amerika Serikat dalam waktu 24 jam terakhir. Ini adalah angka kematian paling tinggi dalam satu hari sejak awal Mei.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

Hampir 4,9 juta warga AS telah tertular Covid-19 dan 160 ribu orang meninggall, sehingga Amerika berada paling depan dalam kedua kategori itu dibanding negara manapun.

Sumber: VOA Indonesia

#Covid-19