Senin, 03 Agustus 2020 06:54

New Normal Liga Champions, Tim dan Pemain Punya Aturan Superketat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Laga Liga Champions akan dihelat dengan format satu leg dan dipusatkan di Lisbon, Portugal. Selain venue yang terpusat, ada juga beberapa aturan baru yang diterapkan di kondisi seperti sekarang.

RAKYATKU.COM - Liga Champions 2019/2020 akan bergulir lagi pekan ini. Dilakukan di tengah new normal, kompetisi ini punya aturan superketat.

Seperti kompetisi Eropa lainnya, Liga Champions juga dihentikan sejak Maret lalu karena pandemi Covid-19. Sempat terancam dibatalkan, Liga Champions akhirnya bergulir juga mulai 7 Agustus.

Beberapa partai leg kedua 16 besar yang belum tuntas akan digelar, seperti Manchester City vs Real Madrid dan Barcelona vs Napoli. Sementara fase perempat final akan dimulai sepekan setelahnya.

Laga Liga Champions akan dihelat dengan format satu leg dan dipusatkan di Lisbon, Portugal. Selain venue yang terpusat, ada juga beberapa aturan baru yang diterapkan di kondisi seperti sekarang.

Salah satunya para pemain dilarang bertukar jersey seusai pertandingan, tradisi yang biasanya lazim dilakukan.

Para pemain dilarang melakukan itu demi menghindari penularan Covid-19 dan sudah diberlakukan sejak fase 16 besar.

Jika aturan itu dilanggar, maka pemain yang bersangkutan akan absen di sisa kompetisi karena harus menjalani karantina 12 hari di hotel.

Selain itu, para pemain dan juga staf termasuk pelatih akan melakukan swab test saat tiba di Portugal untuk mengikuti perempatfinal Liga Champions.

Laga perdana di Portugal adalah Atalanta vs PSG di Estadio Da Luz 12 Agustus.

Swab test akan dilakukan dua kali, yakni sehari sebelum pertandingan dan hasilnya akan keluar enam jam sebelum kick-off. Jika ada yang positif, maka para pemain akan menjalani isolasi 14 hari.

Para pemain dan staf juga tidak bisa meninggalkan hotel sembarang tanpa izin otoritas UEFA. Jika diizinkan pun, mereka tidak boleh melakukan kontak dengan orang-orang di luar tim. Sebab tim akan diletakkan di hotel selama 12 hari dan hanya boleh keluar saat latihan serta pertandingan.

UEFA juga menyediakan satu kamar per pemain dan tidak boleh berbarengan dengan rekan setimnya. Staf klub wajib mencuci seluruh perlengkapan perang tim-tim dan tidak boleh dari pegawai hotel.

Bahkan para pemilik klub, staf, direksi, dan petinggi dilarang untuk berada satu hotel dengan tim, sehingga higienitas tetap terjaga dan lebih mudah dilacak jika ada yang positif.

#16 Besar Liga Champions 2019/2020 #Liga Champions 2019/2020