Jumat, 07 Agustus 2020 09:32

Mallusetasi Umumkan ODF, Sisa Dua Kecamatan Lagi di Barru yang Belum

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Deklarasi ODF Kecamatan Mallusetasi yang dihadiri Bupati Barru, Suardi Saleh, Kamis (6/8/2020).
Deklarasi ODF Kecamatan Mallusetasi yang dihadiri Bupati Barru, Suardi Saleh, Kamis (6/8/2020).

"Untuk mencapai ODF, ada banyak tantangan, tapi kesemuanya itu dapat dilalui dengan prinsip dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan" kata Camat Mallusetasi, Nompo Nasruan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dari tujuh kecamatan di Kabupaten Barru, Mallusetasi termasuk kecamatan yang memiliki pesisir pantai yang panjang dan indah. Sebuah kebanggaan ketika Deklarasi ODF segenap elemen pemerintahan dan masyarakat Mallusetasi diucapkan lantang di hadapan Bupati Barru dan pejabat daerah, Kamis (6/8/2020).

Bupati Barru, Suardi Saleh, mengapresiasi semua unsur masyarakat dan pemerintah Kecamatan maupun desa/kelurahan se-Mallusetasi termasuk Babinsa dan Babinkantibmas atas upaya dan kerjasamanya sehingga Kecamatan Open Defication Free (ODF) ini mampu diraih.

"Terima kasih pula kepada Baznas, Karang Taruna, dan Ormas yang telah membantu tercapainya ODF ini," ucap Suardi Saleh kepada organisasi yang banyak mendukung serta bekerja sama untuk mewujudkan ODF ini.

Baca Juga : 

Dia berharap apa yang diraih ini dapat dipertahankan mengingat keberhasilan mempertahankan predikat kota sehat adalah semua desa dan kelurahan serta kecamatan harus ODF.

Open Defication Free tingkat Kecamatan Mallusetasi, dilaksanakan di Rest Area Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi.

Dalam sambutannya, Camat Mallusetasi, Nompo Nasruan, mengatakan tercapainya ODF di Kecamatan Mallusetasi berkat kerja sama yang baik dengan pemangku kepentingan yang bahu-membahu dalam rangka mewujudkan ODF.

"Terima kasih kepala desa, kurah, Babinkantibmas, dan Babinsa, Kepala Puskesmas Palanro dan Bojo Barru, Tim PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, serta tokoh pemuda yang proaktif membantu pemerintah menyukseskan ODF ini," ucap Nompo Nasruan terharu atas kerja sama setiap elemen di kecamatan yang dipimpinnya.

"Untuk mencapai ODF, ada banyak tantangan, tapi kesemuanya itu dapat dilalui dengan prinsip dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan" katanya.

Dia menambahkan, terwujudnya ODF mengajari perlunya pendekatan-pendekatan dengan masyarakat yang tadinya keras tapi akhirnya sadar kalau BABS itu sangat berisiko akan kesehatan akhirnya kesadaran itu timbul sendiri sehingga usaha ini berhasil.

Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Barru, Hasnah Syam, dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada segenap pemerintah dKan masyarakat, kepolisian dan TNI, serta semua stakeholder atas kerja samanya sehingga Kecamatan Mallusetasi sukses meraih ODF.

Dirinya berharap agar ODF ini bukan akhir dari segalanya. Namun, ODF ini menjadi motivasi untuk senantiasa selalu menjaga hidup sehat.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #ODF