Rabu, 05 Agustus 2020 14:02
Ilustrasi.
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM - Seorang jurnalis di Meksiko, Pablo Morrugares, dilaporkan tewas dibunuh dengan cara diberondong tembakan oleh sekelompok orang pada, Ahad (2/8/2020).

 

Dilansir dari AFP, Rabu (5/8/2020), pembunuhan Morrugares terjadi di negara bagian Guerrero. Seorang polisi yang mengawal korban ikut meregang nyawa dalam kejadian ini.

Keterangan kepolisian setempat, saat kejadian Morrugares dan seorang polisi yang mengawalnya sedang makan malam di sebuah restoran pukul 01.00 waktu setempat. Tiba-tiba ada sekelompok orang yang membawa senapan serbu memasuki restoran itu dan melepaskan tembakan.

Baca Juga : 100 Orang Lebih Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem di Meksiko

Sebelum dibunuh, Morrugares disebut menerbitkan laporan melalui situs berita yang dia kelola, PM Noticias, tentang aksi kejahatan yang melibatkan pertikaian antar geng.

 

Situs PM Noticias memang khusus memberitakan soal kejahatan dan kegiatan polisi.

Kepolisian setempat memberikan pengawalan khusus kepada Morrugares usai dia dan sang istri lolos dari percobaan pembunuhan empat tahun lalu.

Baca Juga : Hasil Piala Dunia: Argentina Kalahkan Meksiko, Messi Cetak Satu Gol

Komisi Hak Asasi Manusia Guerrero mengutuk pembunuhan terhadap Morrugares, dan mendesak supaya peristiwa itu segera diusut.

Menurut laporan lembaga nirlaba Reporter Lintas Batas (RSF), ada 10 wartawan Meksiko tewas dibunuh sepanjang 2019.

Sejak 2000 tercatat sudah lebih dari 100 pewarta di Meksiko dibunuh. Namun, hanya sedikit dari pelaku yang berhasil ditangkap dan dihukum.